Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Danau Toba Targetkan 50.000 Pengunjung

Kompas.com - 11/09/2013, 10:35 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

SAMOSIR, KOMPAS.com - Bupati Samosir Mangindar Simbolon mengatakan, dalam pergelaran Festival Danau Toba 2013 dia menargetkan pengunjung sebanyak 50.000 orang. "Diharapkan dikunjungi 50 ribu orang," kata Mangindar di sela-sela kegiatan Festival Danau Toba di Open Stage, Tuk Tuk Samosir pada Senin (9/9/2013).

Menurut Mangindar, pengunjung yang datang akan semakin banyak pada hari-hari akhir perayaan festival karena puncak rangkaian kegiatan berada di penghujung acara.

"Pengunjung ini akan makin naik menjelang akhir. Berbeda dengan Pesta Danau Toba yang digelar sebelumnya, puncak acara pada di pembukaan," kata Mangindar.

Festival Danau Toba sebelumnya bernama Pesta Danau Toba yang merupakan perayaan tahunan masyarakat Batak. Kegiatan digelar pada 8-14 September 2013 dengan berpusat di Pulau Samosir.

KOMPAS/MOHAMMAD HILMI FAIQ Para pelancong asing diajak menari tortor di pelataran Museum Hutabolon Simannindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Minggu (1/9/2013). Ini merupakan salah satu cara untuk mengenalkan budaya dan tradisi khas Batak Toba kepada dunia luar.
Rangkaian kegiatan mengangkat tradisi budaya masyarakat lokal seperti karnaval boneka sigale-gale, berenang mengelilingi Pulau Samosir, dan lomba perahu dayung tradisional Solu Bolon.

Selanjutnya, paralayang air dan darat, permainan tradisional, lomba menyanyi, pameran wisata dan ekonomi kreatif dari 11 kabupaten, serta ditutup acara puncak konser musik "Glittering Lake Toba".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com