Turis Eropa Tetap Ramai Berlibur ke Bali

Kompas.com - 11/09/2013, 13:58 WIB
Seorang pemandu wisata membawa turis berkeliling Ubud, Gianyar, Bali. KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI FSeorang pemandu wisata membawa turis berkeliling Ubud, Gianyar, Bali.
EditorI Made Asdhiana
DENPASAR, KOMPAS.com - Tahun lalu pemerintah gencar melakukan promosi pariwisata ke negara-negara di kawasan Eropa. Promosi itu tampaknya berhasil menggiring turis Eropa tetap ramai berlibur ke Bali.

Pengamat pariwisata Wayan Sudana di Denpasar, Rabu (11/9/2013) menjelaskan, pelancong asal negara di kawasan Eropa yang umumnya menyenangi tata cara kehidupan masyarakat, bertambah banyak datang ke Bali.

Masyarakat Eropa dikabarkan mengalami krisis ekonomi global, namun turis negeri itu tetap berlibur sambil menyaksikan aneka ragam seni budaya Bali yang tidak ada duanya di dunia.

Menurut Sudana, turis Eropa yang datang berlibur ke Bali sebanyak 377.049 orang selama Januari-Juli 2013 meningkat dari periode sama tahun 2012 hanya 348.766 orang atau memiliki peranan 21,05 persen dari seluruh turis ke Bali.

Sesuai laporan Dinas Pariwisata Bali, kedatangan turis asal Eropa bertambah setiap bulan seperti halnya selama Mei 2013 tercatat 47.940 orang bertambah menjadi 50.284 selama Juni dan Juli naik lagi menjadi 75.415 orang.

Dua negara di Eropa yakni Inggris dan Perancis tetap tercatat sebagai sepuluh negara terbanyak memasok turis ke Bali, bersama Australia, China, Jepang, Malaysia, Korea Selatan, Taiwan, Singapura dan Amerika Serikat.

Kerukunan masyarakat di daerah pedesaan menjadi daya tarik tersendiri bagi turis Eropa yang berlibur ke Bali. Upacara ritual hampir setiap hari ada di daerah ini. Kondisi inilah menyebabkan turis Eropa lebih dari sekali berkunjung ke Bali.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Sumber Antara
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X