Kompas.com - 15/09/2013, 17:04 WIB
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) bidang pariwisata dan olahraga, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas mengatakan, Sail Komodo 2013 menjadi momentum tepat untuk mempromosikan keunikan pariwisata Pulau Komodo.

"Sail Komodo 2013 menjadi momentum yang tepat untuk mempromosikan potensi wisata dan keragaman ekosistem Pulau Komodo. Ini penting agar kejayaan bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang paling kaya dengan keanekaragaman hayatinya bisa semaksimal mungkin kita capai," kata Ibas dalam keterangan tertulisnya yang diterima Antara di Jakarta, Sabtu (14/9/2013).

Edhie Baskoro menyampaikan hal itu saat mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono menghadiri peresmian puncak pembukaan Sail Komodo 2013 yang dipusatkan di Pantai Pede, Kecamatan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Dia mengatakan, dengan keunikan Pulau Komodo, dunia pariwisata Indonesia memiliki peluang yang besar sebagai negara dengan tujuan wisata utama dunia.

"Kita bangga memiliki kekayaan obyek wisata Pulau Komodo yang berkualitas internasional dengan keunikan satu-satunya di dunia. Keajaiban ini sudah seharusnya kita manfaatkan karena ini peluang yang sangat besar," ujarnya.

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Dermaga Loh Buaya yang berada di Pulau Rinca, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Senin (4/6/2012). Pulau Rinca merupakan salah satu habitat reptil purba Komodo. Berdasarkan data pada 2010 di pulau ini terdapat 1.336 ekor Komodo, sedangkan 1288 ekor di Pulau Komodo, 86 di Pulau Nusa Kode, dan 83 di Pulau Gili Motang.
Edhie Baskoro berharap kebanggaan Indonesia seperti potensi Pulau Komodo dan segenap potensi sumber daya alamnya dapat dimanfaatkan secara optimal dengan tetap menjaga aspek lingkungan dan kelestariannya.

"Menjaga keseimbangan lingkungan merupakan bentuk tanggung jawab kita semua, pemerintah bersama masyarakat, khususnya masyarakat di daerah tersebut," tambah Ibas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.