Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lentera Raksasa di Hongkong Mid Autumn Festival

Kompas.com - 16/09/2013, 08:27 WIB
Tri Wahyuni

Penulis

HONGKONG, KOMPAS.com - Hongkong Tourism Board (HKTB) membangun sebuah lentera raksasa setinggi tiga lantai dengan 7.000 botol plastik daur ulang untuk menyambut “Hongkong Mid Autumn Festival” yang dilaksanakan pada 14-22 September 2013. Lentera yang dinamakan “Rising Moon” ini berbentuk setengah bulat dengan tinggi 10 meter dan diameter 20 meter.

“Rising Moon” dirancang oleh empat arsitek muda, yaitu Siu Kwok Kin Stanley, Chan Pui Hong Aden, Hui Chun Hoi Eddie dan He Yiteng yang memenangkan Gold Award di Lantern Wonderland Design Competition. Inspirasi membuat lentera ini didapatkan dari kehidupan sehari-hari, para arsitek bertujuan untuk membuat bulan yang merupakan simbol dari Festival Musim Gugur di Victoria Park dengan botol plastik daur ulang.

“Tahun ini, kami menyertakan elemen green dalam kampanye ini melalui sebuah lentera raksasa yang terbuat dari botol plastik yang kami harapkan dapat membangkitkan kesadaran akan lingkungan,” ungkap HKTB Executive Director, Anthony Lau dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (13/9/2013).

Selain 7.000 botol plastik daur ulang, material lain yang digunakan untuk membuat lentera raksasa ini juga berasal dari bahan daur ulang dan hemat energi seperti lampu LED, kabel, dan rangka-rangka besi. Lentera ini akan duduk di sebuah kolam dimana efek pencahayaan akan menggabungkan bayangan lampu dan menghasilkan berbagai fase bulan yang berbeda.

“Ini merupakan waktu untuk teman, keluarga dan mereka yang kita sayangi untuk bersama berbagi kegembiraan dan sukacita di festival Cina tradisional ini,” kata Alison Ko, Acting Chief Marketing Officer one2free, sponsor utama Lantern Wonderland.

Dengan konsep konservasi lingkungan yang digabungkan dengan kreatifitas, lentera ini diharapkan dapat menginspirasi para pengunjungnya dan warga lokal selama festival yang paling ditunggu-tunggu ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com