Kompas.com - 19/09/2013, 14:57 WIB
Pagi hari di Bagan, Myanmar. ARYA DARU PANGAYUNANPagi hari di Bagan, Myanmar.
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Bagan merupakan kota tua di Mandalay Region, Myanmar, yang terletak di tepi Sungai Irrawaddy. Bagan merupakan pusat konsentrasi kuil, pagoda, dan stupa Budha terbesar di dunia yang berasal dari sekitar abad ke-11 dan 12.

Untuk mencapai Bagan dari Yangon, terdapat beberapa pilihan moda transportasi, baik menggunakan pesawat udara (Air Mandalay, Air Bagan, Asian Wings, Myanmar Airways), menggunakan kereta api, menggunakan bus malam, ataupun menggunakan mobil sewa.

ARYA DARU PANGAYUNAN Pemandangan dari atas Shwesandaw Temple di Myanmar.
Perjalanan darat ke Bagan dari Yangon dapat memakan waktu lebih dari 10 jam. Di Bagan, terdapat banyak pilihan tempat menginap dari guest house hingga hotel mewah berbintang yang dapat disesuaikan dengan budget Anda.

Ketika berada di Bagan, Anda akan langsung dapat melihat begitu banyak kuil, pagoda, dan stupa yang tersebar di seluruh penjuru kota Bagan.

Beberapa kuil ternama yang biasa dikunjungi oleh para turis antara lain Ananda Temple, Shwesandaw Temple, Shwe Zigon Temple, dan Htilo Minlo Temple. Di Bagan juga terdapat Golden Palace (istana raja zaman dahulu) serta Bagan Archeological Museum yang menarik untuk dikunjungi.

ARYA DARU PANGAYUNAN Bagan Golden Palace di Myanmar.
Kita dapat berkeliling Bagan dengan menyewa sepeda ataupun menyewa kereta kuda yang selalu standby di dekat hotel-hotel. Selain melihat kuil, pagoda, dan stupa, atraksi lain yang dapat dinikmati adalah sightseeing menggunakan perahu di Sungai Irrawaddy.

Bagan terkenal dengan kerajinan lacquerware yang dapat menjadi pilihan menarik sebagai oleh-oleh ataupun hiasan di rumah. Di beberapa workshop, kita bisa melihat langsung proses pembuatan lacquerware tersebut. (ARYA DARU PANGAYUNAN, staf di KBRI Yangon)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

ARYA DARU PANGAYUNAN Perahu-perahu di tepi Sungai Irrawaddy, Myanmar.

ARYA DARU PANGAYUNAN Kerajinan Lacquerware khas Bagan di Myanmar.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.