Pemkot Denpasar Kaji Pembangunan Dermaga di Sanur

Kompas.com - 19/09/2013, 16:44 WIB
Pantai Sanur, Denpasar, Bali. KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYATPantai Sanur, Denpasar, Bali.
EditorI Made Asdhiana
DENPASAR, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Denpasar mengkaji rencana pembangunan dermaga di kawasan Pantai Sanur sebagai upaya memberikan kenyamanan bagi penumpang yang akan menuju ke beberapa pulau di Nusa Penida, Klungkung.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Denpasar, Gde Astika, di Denpasar, Kamis (19/9/2013) mengatakan pentingnya pembangunan dermaga di kawasan itu karena setiap harinya masyarakat yang memanfaatkan jasa penyeberangan cukup tinggi mencapai 3.000 penumpang.

"Kami menggelar semiloka ini juga bertujuan untuk membahas rencana pembangunan dermaga Sanur dan untuk melakukan kajian bersama para tokoh masyarakat Sanur serta instansi terkait guna membahas dan memfasilitasi kebutuhan masyarakat akan jasa pelayaran dan transportasi perkotaan yang berbasis kearifan lokal," katanya.

Di Sanur, menurut Astika, sedikitnya 16 unit kapal beroperasi untuk melayani penumpang menuju beberapa pulau di kawasan Nusa Penida. Karakteristik penumpang yang menyeberang lewat Sanur, ada yang melakukan perjalanan wisata, spiritual, berdagang maupun pulang ke kampung halaman.

Sementara itu,  Asisten II Sekda Kota Denpasar Wayan Gunawan mengatakan  permasalahan transportasi tidak hanya menjadi tanggung jawab dari satu instansi melainkan tanggung jawab bersama.

"Melalui pelaksanaan semiloka ini, Pemerintah Kota Denpasar mengharapkan adanya masukan, kritik, saran dari para pemangku kepentingan di bidang transportasi untuk mewujudkan pelayanan jasa transportasi yang maksimal kepada masyarakat. Namun, tetap harus ada sinergi antara perkembangan teknologi dengan budaya masyarakat Bali pada umumnya," katanya.



Sumber Antara
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X