Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden: Jaga dan Pelihara Budaya Aceh

Kompas.com - 20/09/2013, 15:26 WIB
BANDA ACEH, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengapresiasi nilai budaya dan peninggalan sejarah yang masih tersimpan baik di Provinsi Aceh.

"Saya minta nilai-nilai budaya dan peninggalan sejarah itu agar dijaga dan dipelihara," kata Kepala Negara saat menuruni tangga anjungan Kabupaten Aceh Selatan di Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VI di Banda Aceh, Jumat (20/9/2013).

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang didampingi sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu II membuka PKA VI di Taman Ratu Safiatuddin yang diikuti 23 kabupaten dan kota di provinsi berpenduduk sekitar 5 juta jiwa tersebut.

Presiden yang menggunakan pakaian adat lengkap dengan "Kupiah Meukutop" didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono hanya singgah beberapa menit di anjungan Aceh Selatan. Kemudian Presiden menanam pohon nangka/cempedak di halaman depan anjungan Kota Banda Aceh.

Saat membuka PKA, Presiden Yudhoyono juga meminta perhelatan budaya yang digelar dari tanggal 20 hingga 29 September 2013 itu dapat menampilkan keberagaman dan potensi dari 23 kabupaten dan kota di Aceh.

RUMGAPRES/ABROR RIZKI Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuka Pekan Kebudayaan Aceh VI di Banda Aceh, Jumat (20/9/2013) pagi.
"Apalagi budaya di daerah ini sangat khas dan monumental selain juga sangat melekat nilai-nilai islami, seperti halnya tari Saman yang telah diakui oleh UNESCO," kata Presiden.

Seperti halnya daerah lain di Tanah Air, Kepala Negara mengatakan Aceh memiliki keberagaman budaya yang tentunya bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan dan peningkatan ekonomi bagi masyarakatnya.

Presiden juga mengajak masyarakat Aceh untuk terus meningkatkan kebersamaan, menjaga nilai budaya ke-Aceh-an yang beragam serta melestarikan dan menumbuhkembangkan kecintaan terhadap kreativitas budaya di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

Usai membuka PKA, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melaksanakan shalat Jumat bersama dengan masyarakat Aceh di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

RUMGAPRES/ABROR RIZKI Pekan Kebudayaan Aceh VI dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Banda Aceh, Jumat (20/9/2013).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com