Sanur Village Festival Libatkan UKM dan Industri Kreatif

Kompas.com - 21/09/2013, 09:56 WIB
Pantai Sanur, Denpasar, Bali. KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYATPantai Sanur, Denpasar, Bali.
EditorI Made Asdhiana
SANUR, KOMPAS.com - Sewindu (8 tahun) Sanur Village Festival semakin memperkokoh peran masyarakat terhadap upaya promosi pariwisata secara mandiri dengan mendorong seluruh potensi mulai dari seni budaya, sport, lingkungan, hingga keterlibatan industri kreatif yang ada.

Sanur Village Festival (SVF) VIII/2013 yang digelar 24-28 September 2013 di Maisonette Inna Grand Bali Beach Hotel bakal menyajikan kembali program berkala aktivitas festival tahunan yang selalu dirindukan masyarakat. Selain itu, juga dihadirkan sejumlah aktivitas baru seperti kontes ikan koi, Sanur Fun Run 10 K, Program Bali Bersih, dan Sanur Kreatif Expo.

Ketua Yayasan Pembangunan Sanur (YPS) Ida Bagus Gede Sidharta Putra, di Sanur, Jumat (20/9/2013) mengatakan kegiatan ini telah memberikan manfaat nyata bagi kepariwisataan Sanur dan mendorong inovasi, kreasi, dan prakarsa di segala aktivitas keseharian masyarakat Sanur.

“Tema Segara Giri yang diwacanakan kali ini diharapkan mampu memberikan roh festival yang tetap berpijak di bumi dengan keinginan setinggi langit untuk mewujudkan Sanur yang tetap lestari, damai, dan terjaga lingkungannya,” kata Sidharta yang akrab disapa Gusde.

Selaras dengan semangat baru untuk mempertahankan nilai-nilai budaya luhur “The New Spirit of Heritage”, SVF VIII/2013 ikut mengawal pencitraan Sanur sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional yang telah ditetapkan beberapa waktu lalu dan menjadi destinasi utama wisatawan internasional. Apalagi, SVF juga dijadikan sebagai salah satu aktivitas road to APEC Summit.

Menurut Gusde, destinasi wisata dunia mutlak mengedepankan kelestarian lingkungan dan menjalankan kebijakan tepat untuk melaksanakan pembangunan dengan tetap memerhatikan daya dukungnya. Hal itu pula yang dilakukan YPS sebagai mitra pemerintah dalam pengembangan pariwisata di Sanur agar keseimbangan lingkungan tetap terjaga dengan meminimalisasi dampak kerusakan lingkungan.

SVF juga telah memberikan sumbangsih bagi bertumbuhnya bisnis di Sanur dan sekitarnya yang melibatkan sejumlah UKM dan industri kreatif. Berdasarkan data empat tahun terakhir (SVF 2009-2012) secara akumulatif SVF berhasil mencatatkan nilai transaksi total sekitar Rp 15,9 miliar dan mendatangkan lebih dari 100.000 pengunjung. "Ini membuktikan festival ini sangat diminati dan selalu dinantikan," tambah Gusde. (*)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X