Yuk Saksikan Pameran Foto "Sadar Wisata 2013"

Kompas.com - 21/09/2013, 20:44 WIB
Sejumlah warga berebut menangkap sesaji yang dilemparkan suku Tenggger ke kawah Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, pada puncak perayaan Yadnya Kasada, Minggu (6/9/2009). Yadnya Kasada merupakan ritual warga suku Tengger dengan melarung hasil bumi atau ternak ke kawah Bromo sebagai wujud penghormatan terhadap nenek moyang mereka. Kompas/Iwan SetiyawanSejumlah warga berebut menangkap sesaji yang dilemparkan suku Tenggger ke kawah Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, pada puncak perayaan Yadnya Kasada, Minggu (6/9/2009). Yadnya Kasada merupakan ritual warga suku Tengger dengan melarung hasil bumi atau ternak ke kawah Bromo sebagai wujud penghormatan terhadap nenek moyang mereka.
Penulis Tri Wahyuni
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyelenggarakan Lomba Foto “Sadar Wisata 2013" dalam rangka meningkatkan pengembangan kualitas fotografi sebagai sarana promosi kepariwisataan. Lomba foto tahun ini mengangkat tema "Kenangan Indah: Manusia, Budaya, dan Alam Indonesia".

Pada tahun kelimanya, Lomba Foto Sadar Wisata 2013 diikuti oleh 1.980 peserta dengan karya foto sebanyak 7.552 foto. Jumlah ini mengalami peningkatan sekitar 300 persen dari tahun sebelumnya.

Lomba Foto “Sadar Wisata 2013” diselenggarakan sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan butir-butir Sapta Pesona (Aman, Tertib, Bersih Sejuk, Indah, Ramah, dan Kenangan). Selain itu, lomba ini juga diadakan sebagai upaya memperkenalkan obyek dan daya tarik wisata yang layak untuk dikunjungi melalui seni fotografi dalam rangka mendujung slogan "Kenali Negerimu Cintai Negerimu".

Juara pertama Lomba Foto “Sadar Wisata 2013” diraih oleh Rozie Soehendy dengan judul foto "Terumbu Karang" yang berlokasi di Kepulauan Karimun Jawa. Juara kedua diraih oleh Muhammad Effendi yang mengabadikan keindahan Padang Lavender di Oro-oro Ombo di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Sedangkan juara tiga diraih Yustinus dengan foto berjudul “Duck Breeders” yang ia abadikan dari Rawa Kerbau, Kalimantan Selatan.

BARRY KUSUMA Suku Dayak
Direktur Pemberdayaan Masyarakat, Agus Priyono, dalam sambutannya di Fountain Atrium, Grand Indonesia West Mall, Jumat (20/9/2013), mengharapkan lomba ini mampu menumbuhkan kesadaran dan peran serta masyarakat dalam mendukung pengembangan pariwisata lokal maupun nasional serta mampu menimbulkan motivasi masyarakat dalam menggali potensi lokal daerah masing-masing.

Sebagai bentuk apresiasi, selain memberikan hadiah, Kemenparekraf juga menggelar pameran foto di Fountain Atrium, Grand Indonesia West Mall, Jakarta. Sebanyak 100 karya, sekaligus milik sang juara, dipamerkan dalam bentuk foto tunggal maupun katalog. Pameran berlangsung 20-22 September 2013.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X