Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk Saksikan Pameran Foto "Sadar Wisata 2013"

Kompas.com - 21/09/2013, 20:44 WIB
Tri Wahyuni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyelenggarakan Lomba Foto “Sadar Wisata 2013" dalam rangka meningkatkan pengembangan kualitas fotografi sebagai sarana promosi kepariwisataan. Lomba foto tahun ini mengangkat tema "Kenangan Indah: Manusia, Budaya, dan Alam Indonesia".

Pada tahun kelimanya, Lomba Foto Sadar Wisata 2013 diikuti oleh 1.980 peserta dengan karya foto sebanyak 7.552 foto. Jumlah ini mengalami peningkatan sekitar 300 persen dari tahun sebelumnya.

Lomba Foto “Sadar Wisata 2013” diselenggarakan sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan butir-butir Sapta Pesona (Aman, Tertib, Bersih Sejuk, Indah, Ramah, dan Kenangan). Selain itu, lomba ini juga diadakan sebagai upaya memperkenalkan obyek dan daya tarik wisata yang layak untuk dikunjungi melalui seni fotografi dalam rangka mendujung slogan "Kenali Negerimu Cintai Negerimu".

Juara pertama Lomba Foto “Sadar Wisata 2013” diraih oleh Rozie Soehendy dengan judul foto "Terumbu Karang" yang berlokasi di Kepulauan Karimun Jawa. Juara kedua diraih oleh Muhammad Effendi yang mengabadikan keindahan Padang Lavender di Oro-oro Ombo di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Sedangkan juara tiga diraih Yustinus dengan foto berjudul “Duck Breeders” yang ia abadikan dari Rawa Kerbau, Kalimantan Selatan.

BARRY KUSUMA Suku Dayak
Direktur Pemberdayaan Masyarakat, Agus Priyono, dalam sambutannya di Fountain Atrium, Grand Indonesia West Mall, Jumat (20/9/2013), mengharapkan lomba ini mampu menumbuhkan kesadaran dan peran serta masyarakat dalam mendukung pengembangan pariwisata lokal maupun nasional serta mampu menimbulkan motivasi masyarakat dalam menggali potensi lokal daerah masing-masing.

Sebagai bentuk apresiasi, selain memberikan hadiah, Kemenparekraf juga menggelar pameran foto di Fountain Atrium, Grand Indonesia West Mall, Jakarta. Sebanyak 100 karya, sekaligus milik sang juara, dipamerkan dalam bentuk foto tunggal maupun katalog. Pameran berlangsung 20-22 September 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com