Kompas.com - 21/09/2013, 21:09 WIB
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Tigerair Mandala membuktikan komitmennya dalam hal keselamatan penerbangan dengan menjadi maskapai Asia pertama yang secara sukarela menyelesaikan proses Airbus Line Operations Surveillance (ALOS).

Siaran pers Tigerair Mandala, Sabtu (21/9/2013) menyebutkan, ALOS adalah proses pengawasan eksternal yang mengacu pada metode Thread and Error Management (TEM) milik Airbus terhadap pengoperasian armada pesawat Airbus.

Proses pengawasan yang membutuhkan lima hari tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa Tigerair Mandala telah mengoperasikan armada pesawatnya sesuai dengan standar keselamatan tertinggi di industri penerbangan.

“Standar tertinggi dalam hal keselamatan dan pengoperasian pesawat adalah prioritas utama kami. Oleh karena itu, kami bangga menjadi maskapai pertama di Asia yang menyelesaikan proses pengawasan tersebut,” kata Paul Rombeek, Presiden Direktur Tigerair Mandala.

Menurut Rombeek, saat ini Tigerair Mandala mengoperasikan sembilan pesawat baru jenis Airbus A320. "Maka sangat penting bagi kami untuk memastikan bahwa kami mengoperasikan seluruh pesawat kami dengan aman. Penyelesaian program ini merupakan cerminan dari komitmen kami," katanya.

Selain standar keselamatan pesawat yang tinggi, Tigerair Mandala juga mengutamakan pentingnya sumber daya manusia yang mengoperasikan pesawat. Tigerair Mandala secara konsisten dan intensif melatih dan mengembangkan awaknya untuk mendukung visi perusahaan dalam menyediakan pengalaman terbang yang aman, tepat waktu dan nyaman dengan biaya terjangkau.

Sejak beroperasi 16 bulan lalu, kini Tigerair Mandala mengalami kemajuan dan mengoperasikan sembilan pesawat. Untuk mendukung pertumbuhan tersebut, Tigerair Mandala juga memastikan adanya pertumbuhan stabil pilot yang berkualifikasi.

"Banyak mantan pilot Mandala terdahulu yang sudah kembali bergabung dengan kami. Namun dengan melihat ke depan, kami juga harus memperhatikan strategi jangka panjang. Kami baru meresmikan Cadet Pilot Program pada bulan Agustus di mana pelatihan ini akan membantu mendatangkan banyak First Officer untuk bergabung dengan kami," jelas Capt. Chris Schroeder, Head of Flight Operations, Tigerair Mandala.

Selain itu, lanjut Chris, Tigerair Mandala juga baru saja memulai program peningkatan pangkat untuk First Officer menjadi Captain. "Hingga saat ini, kami telah mengangkat empat orang kapten. Hal ini merupakan bentuk nyata komitmen departemen pelatihan kami,” tambah Chris Schroeder. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.