Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paguyuban Batik Inginkan Promosi PBI ke Mancanegara

Kompas.com - 25/09/2013, 08:52 WIB
PEKALONGAN, KOMPAS.com - Paguyuban Kampung Batik Kauman, Kota Pekalongan, Jawa Tengah meminta pada pemerintah daerah menggencarkan promosi kegiatan "Pekan Batik Internasional 2013" ke mancanegara sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah setempat.

Ketua Paguyuban Kampung Batik Kauman, Rofiqur Rusdi di Pekalongan, Selasa (24/9/2013), mengatakan bahwa kegiatan Pekan Batik Internasional (PBI) yang akan digelar Oktober 2013 diharapkan sebagai ajang mengenalkan potensi wisata dan produk andalan pada wisatawan luar negeri.

Kegiatan PBI ini, menurut Rusdi, diharapkan panitia bisa menyiapkan strategi khusus yang nantinya mampu meningkatkan jumlah wisatawan domestik dan mancanegara berkunjung ke Pekalongan.

"Salah satu cara itu, yaitu panitia PBI harus mampu menggencarkan publikasi pada negara kawasan ASEAN, Amerika, Eropa dan Australia," katanya.

Menurut Rusdi, dengan semakin luasnya promosi kegiatan PBI ini maka dipastikan akan berdampak positif pada perekonomian di Kota Pekalongan.

"Jujur saja, kegiatan pekan batik yang sudah dilaksanakan sejak 2009 telah membawa berkah tersendiri pada sejumlah show room batik Kota Pekalongan dan berdampak positif pada pendapatan asli daerah (PAD)," katanya.

KOMPAS/WAWAN H PRABOWO Produksi Batik Tulis.
Sekretaris Daerah Kota Pekalongan, Dwi Arie Putranto mengatakan bahwa kegiatan PBI 2013 ini akan diikuti sebanyak 25 kota/kabupaten dari Provinsi Kalimantan Tengah, Sumatera Barat, Banten, dan Jawa Timur. "Selain itu, sebanyak enam negara, seperti India, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Korea Selatan akan berpartisipasi mengikuti kegiatan PBI 2013," kata Dwi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com