Paguyuban Batik Inginkan Promosi PBI ke Mancanegara

Kompas.com - 25/09/2013, 08:52 WIB
Pengunjung melihat batik lawasan yang dipamerkan pada Gelar Batik Nusantara 2013 di Jakarta Convenion Centre, Jakarta, Rabu (17/7/2013). Pameran ini digelar untuk lebih mengenalkan batik Indonesia yang kini menjadi komoditas ekspor produk tekstil. Nilai ekspor batik kini mencapai 10 persen dari total ekspor produk tekstil yang bernilai 12 miliar dolar AS. KOMPAS/IWAN SETIYAWANPengunjung melihat batik lawasan yang dipamerkan pada Gelar Batik Nusantara 2013 di Jakarta Convenion Centre, Jakarta, Rabu (17/7/2013). Pameran ini digelar untuk lebih mengenalkan batik Indonesia yang kini menjadi komoditas ekspor produk tekstil. Nilai ekspor batik kini mencapai 10 persen dari total ekspor produk tekstil yang bernilai 12 miliar dolar AS.
EditorI Made Asdhiana
PEKALONGAN, KOMPAS.com - Paguyuban Kampung Batik Kauman, Kota Pekalongan, Jawa Tengah meminta pada pemerintah daerah menggencarkan promosi kegiatan "Pekan Batik Internasional 2013" ke mancanegara sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah setempat.

Ketua Paguyuban Kampung Batik Kauman, Rofiqur Rusdi di Pekalongan, Selasa (24/9/2013), mengatakan bahwa kegiatan Pekan Batik Internasional (PBI) yang akan digelar Oktober 2013 diharapkan sebagai ajang mengenalkan potensi wisata dan produk andalan pada wisatawan luar negeri.

Kegiatan PBI ini, menurut Rusdi, diharapkan panitia bisa menyiapkan strategi khusus yang nantinya mampu meningkatkan jumlah wisatawan domestik dan mancanegara berkunjung ke Pekalongan.

"Salah satu cara itu, yaitu panitia PBI harus mampu menggencarkan publikasi pada negara kawasan ASEAN, Amerika, Eropa dan Australia," katanya.

Menurut Rusdi, dengan semakin luasnya promosi kegiatan PBI ini maka dipastikan akan berdampak positif pada perekonomian di Kota Pekalongan.

"Jujur saja, kegiatan pekan batik yang sudah dilaksanakan sejak 2009 telah membawa berkah tersendiri pada sejumlah show room batik Kota Pekalongan dan berdampak positif pada pendapatan asli daerah (PAD)," katanya.

KOMPAS/WAWAN H PRABOWO Produksi Batik Tulis.
Sekretaris Daerah Kota Pekalongan, Dwi Arie Putranto mengatakan bahwa kegiatan PBI 2013 ini akan diikuti sebanyak 25 kota/kabupaten dari Provinsi Kalimantan Tengah, Sumatera Barat, Banten, dan Jawa Timur. "Selain itu, sebanyak enam negara, seperti India, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Korea Selatan akan berpartisipasi mengikuti kegiatan PBI 2013," kata Dwi.



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X