Kompas.com - 26/09/2013, 08:20 WIB
Pengunjung melihat pameran 'Betawi Punye Gaye' di Bentara Budaya Jakarta, Kamis (19/4/2012). Pameran yang akan berlangsung dari 20-29 April 2012 ini memamerkan berbagai benda yang menjadi ciri khas betawi, seperti replika rumah betawi, ondel-ondel, perhiasan hingga perabotan. KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZESPengunjung melihat pameran 'Betawi Punye Gaye' di Bentara Budaya Jakarta, Kamis (19/4/2012). Pameran yang akan berlangsung dari 20-29 April 2012 ini memamerkan berbagai benda yang menjadi ciri khas betawi, seperti replika rumah betawi, ondel-ondel, perhiasan hingga perabotan.
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budhiman mengharapkan Jakarta Internasional Performing Art (Jakipa) dapat memasarkan Jakarta kepada turis dalam maupun luar negeri.

"Pemprov DKI harus berinvestasi dalam seni budaya untuk membuat brand untuk kota ini. Memasarkan Kota Jakarta ini bagian dari investasi pemerintah," ujar Arie Budhiman di Balai Kota, Jakarta, Rabu (25/9/2013).

Acara Jakipa pada saat tertentu menjadi pergelaran yang reguler dan kalau antusiasnya banyak dari masyarakat mungkin akan dipindahkan ke swasta.

Menurut Arie, infrastruktur seni ini harus dibiayai oleh pemerintah karena Jakarta ini ingin menjadi pusat budaya dan kesenian itu menjad bagian terpenting.

"Intinya, sekarang ini kita sedang mewujudkan ikon-ikon baru Jakarta dan kesenian budaya adalah aset utama," katanya.

KOMPAS/LASTI KURNIA Rombongan turis mancanegara menggunakan sepeda sewaan berkeliling di kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Rabu (30/3/2011). Wisata kota tua dengan mengunjungi situs bangunan tua dan lokasi bersejarah merupakan salah satu paket yang digemari turis mancanegara yang berkunjung ke Jakarta.
Arie mengatakan Pemprov DKI Jakarta menggelontorkan dana Rp 1,5 miliar untuk seluruh rangkaian acara Jakipa. "Biayanya Rp 1,5 miliar dari APBD. Ini kan karena setiap tahun kita memperingati pariwisata dunia, tentu harus ada sesuatu di Jakarta. Kita pilih dengan penampilan-penampilan seni budaya dan kita pilih yang paling menjadi tren di dunia," ujarnya.

Acara budaya Jakipa 2013 akan diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta pada 28-29 September 2013.

KOMPAS/IWAN SETIYAWAN Kelompok kesenian ondel-ondel
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan, penyelenggaraan acara yang melibatkan 350 seniman itu bertujuan untuk mengajak masyarakat mengapresiasi seni tari, seni musik, dan seni tradisi yang berada di negara-negara lain dan daerah di nusantara.

"Kita hanya ingin mengajak masyarakat untuk mengapresiasi seni tari, seni musik, seni tradisi yang nanti ada pembandingnya," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.