Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raflesia Beach Festival Angkat Citra Pariwisata Bengkulu

Kompas.com - 26/09/2013, 11:12 WIB
BENGKULU, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Hasanuddin mengatakan, persiapan acara Festival Pesisir Bengkulu atau "Raflesia Beach Festival" yang akan digelar 27-30 September 2013 sudah rampung 80 persen. "Sudah rampung 80 persen, di mana saat ini stan untuk pameran dan beberapa agenda lainnya sedang persiapan," katanya di Bengkulu, Rabu (25/9/2013).

Hasanuddin mengatakan, agenda Festival Pesisir Bengkulu itu digelar bersamaan dengan Kemilau Sumatera 2013, di mana Bengkulu menjadi tuan rumah akan diikuti 10 provinsi yang ada di Pulau Sumatera.

Menurut Hasanuddin, kedua agenda besar itu akan mampu mengangkat citra Bengkulu di bidang kepariwisataan. "Kami harapkan acara ini dapat menarik wisatawan lokal dan mancanegara ke Bengkulu," katanya.

Agenda festival antara lain mengadakan lomba selancar atau kontes surfing yang diikuti peserta lokal dan luar daerah. Kontes surfing tersebut sebagai salah satu upaya mempromosikan kawasan Pantai Panjang yang potensial untuk selancar.

"Festival ini kami harapkan dapat mengangkat nama Bengkulu dalam daftar lokasi surfing," ujarnya.

Juri yang menilai kontes surfing didatangkan langsung dari Australia selain peselancar profesional dalam negeri.

Hasanudin mengatakan kontes selancar tersebut pada 2014 ditargetkan masuk dalam kalender nasional dan pada 2015 ditargetkan masuk kalender wisata internasional.

Selain kontes selancar, festival tersebut juga akan diisi voli pantai, sepeda lintas wisata, "Bengkulu Expo" dan Kemilau Sumatera.

Lomba sepeda lintas wisata dengan rute dari Sport Center Pantai Panjang, menuju ke Airsebakul, Talangaling dan kembali ke Kembangseri dan simpang empat Nakau dan Perumnas Universitas Bengkulu, ke Sungai Hitam dan kembali ke Sport Center.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com