Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenuh di Pesawat? Ini Tipsnya...

Kompas.com - 05/10/2013, 08:27 WIB
Fira Abdurachman

Penulis

KOMPAS.com - Mati gaya, lelah, dan bosan. Rasanya pesawat yang ditumpangi tidak sampai - sampai ke negara tujuan. Belum lagi menghadapi tekanan diketinggian, rasanya badan mau remuk. Mau bagaimana lagi.

Jangan heran kadang ditengah perjalanan panjang ada penumpang yang histeris seperti frustasi bahkan sampai berteriak–teriak. Ada juga yang tiba–tiba jatuh pingsan karena terkena serangan pusing mendadak. Padahal sebelumnya mereka baik–baik saja.

Untuk menghindarinya ada beberapa cara untuk mengurangi dan mengusir rasa jenuh di atas pesawat:

1. Tidur. Beruntunglah kalau anda termasuk tipe orang yang mudah tidur termasuk di pesawat. Sepanjang perjalanan, bisa sampai belasan atau 20-an jam, saat penumpang lain mati gaya, anda bisa tidur dengan nyamannya. Padahal di kelas ekonomi. Bila sulit tidur biasanya akan minum obat tidur, baik yang dijual bebas maupun dari dokter. Bila memilih minum obat tidur disarankan konsultasikan dengan dokter agar lebih aman.

2. Maksimalkan fasilitas hiburan yang ada di layar. Mulai dari menonton film, mendengarkan musik, sampai bermain permaian di layar. Tentunya jangan berharap akan puas seperti menonton di bioskop atau tivi di rumah atau bermain di layar komputer. Nikmati saja untuk membunuh kebosanan diatas pesawat. Pilihan film dan lagunya biasanya banyak yang dari benua atau negara yang tidak familiar di Indonesia. Bisa jadi, ini adalah kesempatan untuk memahami sedikit karya–karya seniman yang tidak kita ketahui sebelumnya.

3. Menuntaskan membaca buku atau baca buku baru. Memiliki waktu kosong yang lama adalah salah satu kesempatan untuk membaca buku. Pilihlah buku yang walaupun tebal tapi temanya ringan yang kita sukai. Kasihanilah tubuh kita yang lelah kalau masih harus membaca buku yang berat.

4. Bermain gadget dengan catatan semua jaringan frekuensi yang ada dimatikan.

5. Tak ada salahnya bawa cemilan yang kita suka. Asal jangan yang berbentuk cairan karena dilarang dibawa ke atas pesawat. Mengemil bisa membuat hati menjadi lebih senang. Lupakan sejenak kalori yang ada dikandung makanan ringan yang kita makan. Toh ini juga perjalanan panjang yang melelahkan, tentu membutuhkan banyak asupan tambahan energi juga.

Cemilan yang terbaik yang kita bawa adalah buah–buahan segar. Di atas pesawat suhu udaranya juga rendah membuat cepat haus dan kulit kering. Buah akan membantu menjaga kelembaban kulit dan kesegaran tubuh.

6. Terkait tips di atas, jangan sungkan untuk meminta minum kepada pramugari/pramugara, terutama air putih. Ini penting untuk menjaga stamina tubuh. Tak ada salahnya minta makanan, biasanya akan dikasih roti, susu atau makanan utama jika masih tersedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com