Kompas.com - 07/10/2013, 11:34 WIB
EditorI Made Asdhiana
Saat berada di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, kami menemukan moda transportasi unik. Alat angkut itu bernama cidomo yang merupakan akronim dari cikar, dokar, dan mobil. Alat transportasi ini berupa kereta penumpang menggunakan dua ban mobil dan dihela seekor kuda.

Namun, begitu tiba di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, kami menemukan alat transportasi yang tak kalah uniknya. Angkutan umum ini berupa truk Colt diesel dengan bak kayu beratap dan memiliki bangku panjang menghadap ke depan. Warga menyebut angkutan tersebut otocolt.

Meskipun berupa truk bak terbuka, jangan harap ada pintu masuk. Penumpang juga harus sigap memanjat dinding bak, melompat masuk untuk menumpang atau saat mau turun. Kendaraan seperti itu memang cocok untuk medan jalan yang penuh tanjakan dan berliku. Tak heran jika otocolt diandalkan sebagai transportasi publik. (mhf/bay)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.