Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keraton Kasepuhan Cirebon Dipercantik

Kompas.com - 08/10/2013, 14:36 WIB

CIREBON, KOMPAS.com - Keraton Kasepuhan Kesultanan Kasepuhan Cirebon tengah dipercantik melalui program revitalisasi yang digulirkan pemerintah pusat.

Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon, PRA Arief Natadiningrat mengatakan, revitalisasi Keraton Kasepuhan ditargetkan rampung pada 2015. Sementara program tersebut mulai berjalan akhir tahun lalu.

"Ini program pemerintah pusat, bentuknya bukan dana tapi pemugaran bangunan keraton. Kami terima jadi saja, karena yang mengerjakan pihak ketiga melalui tender," ujar Sultan Sepuh di Keraton Kasepuhan, Selasa (8/10/2013).

KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT Halaman Keraton Kasepuhan Cirebon, Rabu (6/7/2011). Keraton didirikan tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II yang merupakan cicit Sunan Gunung Jati. Di dalam keraton juga terdapat museum berisi benda pusaka, lukisan koleksi kerajaan serta kereta singa barong.
Sultan Sepuh mengaku bersyukur mendapat perhatian dari pemerintah pusat melalui program revitalisasi keraton. Ia pun yakin, setelah dipercantik, Keraton Kasepuhan akan mampu menyedot kunjungan wisatawan ke Cirebon.

"Kami targetkan kunjungan wisatawan ke Keraton Kasepuhan naik 300 persen setelah adanya pemugaran ini," kata Sultan Sepuh.

Sementara selama pemugaran berlangsung, wisatawan sedikit terganggu dengan adanya proyek perbaikan bangunan tersebut. Namun wisatawan masih bisa menikmati area keraton karena pemugaran dilakukan bertahap.

Benda peninggalan sejarah yang menjadi koleksi museum Keraton Kasepuhan pun masih bisa dilihat, karena bangunan museum termasuk ke dalam bangunan yang sudah dipugar. (Tribun Jabar)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com