Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum, Setelah Pencuri Beraksi...

Kompas.com - 08/10/2013, 16:35 WIB
KEHADIRAN benda-benda dari masa lalu di sebuah museum kerap dipandang sebelah mata. Tidak di mata pencuri! Itulah nasib harta bangsa di ”gudang-gudang” berdebu. Meski pencuri beraksi, toh, tak tampak kegalauan yang pasti....

Sabtu siang akhir pekan lalu, beberapa keluarga dan turis asing menjelajahi bangunan baru Museum Nasional. Di lantai dasar, mereka terpesona mengamati tengkorak hitam manusia purba jutaan tahun lalu dari Sangiran, Sragen, Jawa Tengah.

Di antara koleksi tengkorak dan tulang dalam fitrin kaca serta gambar ilustrasi manusia purba, muncul wajah kekanakan Gerry (10), siswa kelas V SD di Tangerang. ”Gerry, manusia purba mana yang mirip kita? Mirip kamu,” ujar Lista (34), guru sekolah Gerry sambil bergurau. ”Itu!” ujar Gerry sambil terkikik menunjuk papan bergambar Homo erectus tipik, si manusia berjalan tegak dan berburu hewan.

Bagi Lista, bercerita tentang Indonesia paling mudah di museum terbesar di Indonesia itu. Sebanyak 141.889 item koleksi yang telah melintasi waktu tersimpan di sana. Hari itu target utama mereka ialah mengunjungi ruang arca serta ruang emas. Murid kelas V sudah belajar masa Hindu dan Buddha. Dan, berita hilangnya empat benda emas warisan Kerajaan Mataram Kuno abad ke-10 hingga ke-11 Masehi, 11 September 2013, memancing rasa penasaran.

Hanya saja, ruang emas dan arca di bangunan lama masih tertutup bagi pengunjung setelah pencurian itu. Polisi masih menyelidiki kasus itu. Ruang khazanah emas di bangunan baru juga ditutup partisi.

KOMPAS/WAWAN H PRABOWO Kunjungan wisatawan mancanegara di Museum Nasional Jakarta, Jumat (4/10/2013). Beberapa waktu lalu, museum tersebut telah kehilangan empat artefak berlapis emas yang merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno pada abad 10 Masehi.
Penutupan ruang-ruang itulah jejak nyata aksi pencurian. Selebihnya, suasana tenang. Petugas keamanan hanya berkumpul di pintu lantai dasar dan lantai teratas yang memamerkan arkeologi bawah air. Meja yang disediakan untuk petugas di sudut tiap lantai museum pun kosong. Masuk ke ruang pajang, tak ada yang menyambut tamu.

Keresahan lebih tampak ketika berbincang dengan Kepala Museum Nasional Intan Mardiana. Bagi Intan, kasus pencurian itu tamparan keras karena terjadi ketika pihaknya membenahi museum. ”Kami sedang mendata ulang koleksi,” ujarnya.

Setelah kejadian pencurian itu, dia berencana menambah petugas pengamanan yang sekarang berjumlah 15 orang. Kamera pemantau juga akan dibuat terkoneksi sehingga memudahkan pengawasan.

Arkeolog peneliti dari Pusat Arkeologi Nasional, Bambang Budi Utomo, berpandangan, museum adalah aset bangsa, apalagi Museum Nasional. Gengsi bangsa ada di Museum Nasional sebagai tempat mengumpulkan karya-karya agung suatu bangsa.

”Di situlah kita akan melihat bahwa dulu itu bukan ruang hampa. Manusia masa lampau mampu membuat karya seni yang indah dengan teknologi terbatas,” ujarnya.

Setelah emas hilang

Tidak hanya di Museum Nasional kepingan agung masa lalu diam-diam berpindah tangan. Tiga tahun silam, 87 koleksi emas Museum Sonobudoyo, Yogyakarta, berbentuk arca, topeng, dan perhiasan juga dicuri. Sejak itu, museum dengan koleksi 62.661 item itu berbenah. Kepala Museum Sonobudoyo Riharyani menuturkan, kini ada 22 kamera pemantau di semua ruang pamer. Museum pun dipasangi alarm antipencuri. Dulu, saat pencurian terjadi, kamera pemantau dan alarm mati. Petugas pengamanan ditambah sebanyak 11 orang.

KOMPAS/WAWAN H PRABOWO Kunjungan wisatawan mancanegara di Museum Nasional Jakarta, Jumat (4/10/2013).
Namun, koleksi yang dikelola Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta itu tetap rentan tangan jahat. Ragam koleksi diletakkan di lemari-lemari pajang yang ketinggalan zaman berupa lemari besar berkaca dan berbingkai kayu tipis, ringkih. Keamanan hanya mengandalkan kunci tak bedanya dengan lemari pakaian.

Koleksi-koleksi arca peninggalan Mataram Kuno dari abad ke-8 dan ke-12 Masehi diletakkan begitu saja di luar gedung, tak terlindung dari surya dan hujan. Sebagai pengaman, arca-arca itu disemen. ”Arca tidak mungkin digendong karena disemen. Membongkarnya pun sulit,” ujar Riharyani.

Museum terbesar kedua di Indonesia itu terbentur anggaran dan sempitnya ruang pamer. Kata Riharyani, situasi itu bakal dibenahi bertahap. Tahun 2014, gedung museum unit I diperluas dengan tambahan area yang sekarang dipakai KONI DIY.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com