Sekali Berwisata, Dua-Tiga Pulau Terlampaui

Kompas.com - 10/10/2013, 16:46 WIB
Cottage terapung di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Jakarta. KOMPAS.COM/TRI WAHYUNICottage terapung di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Jakarta.
Penulis Tri Wahyuni
|
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Melarikan diri dari bisingnya kehidupan Kota Jakarta, bisa jadi merupakan hal yang selalu hinggap di benak setiap warga Jakarta ketika akhir pekan tiba. Tapi, pelarian diri tidak bisa terlalu lama karena Senin sudah menunggu di depan sana. Lantas, harus ke mana?

Kamis (3/10/2013), pukul 08.30 saya dan rombongan lainnya sudah berkumpul di Dermaga 17, Marina, Ancol untuk bersiap-siap menikmati liburan singkat di Pulau Bidadari. Pulau yang termasuk ke dalam gugusan Kepulauan Seribu, yang berarti masih masuk dalam Provinsi DKI Jakarta, berjarak hanya 20 menit dari Pantai Ancol dengan menggunakan speedboat. Tempat yang tepat untuk merealisasikan pelarian diri dari kejamnya Ibu Kota, bukan?

Mesin speedboat pun dinyalakan, saatnya berlayar di laut Kota Jakarta. Waktu baru menunjukkan pukul 09.00 ketika badan perahu mulai membelah ombak. Sesekali air memercik di wajah yang sengaja saya tampakkan di jendela perahu yang terbuka. Tercium bau air laut dan embusan angin itu baru namanya hidup. Tapi, namanya hidup pasti ada saja cobaan, seperti sampah-sampah yang terombang-ambing dipermainkan ombak. Ya, sayangnya begitulah keadaan laut Jakarta, kotor.

Tak terasa, kapal pun sudah menyandarkan badannya di dermaga Pulau Bidadari. Wah, semua tampak berbeda. Air yang lebih jernih dengan hamparan pasir putih memanjakan mata yang selama sepekan ini perih oleh polusi.

KOMPAS.COM/TRI WAHYUNI Pulau Bidadari, merupakan salah satu pulau dari gugusan Kepulauan Seribu. Pulau Bidadari merupakan pulau terdekat dengan Jakarta yang bisa dicapai hanya dalam waktu 20 menit menggunakan speedboat.
Kedatangan kami ke Pulau Bidadari sebenarnya bukan untuk berlibur. Tapi, lebih kepada pengenalan Bidadari Eco Resort yang baru saja dicanangkan. Sambil menyelam minum air, anggap saja liburan instan.

Setelah menikmati welcome drink yang disediakan dan beristirahat sejenak, kami langsung diajak untuk berkeliling pulau. Sesuai dengan konsep baru, Bidadari Eco Resort, Pulau Bidadari tidak hanya menyediakan wisata bahari tapi juga menyediakan wisata edukasi. Anda bisa berlibur sambil menambah ilmu pengetahuan, sesuai dengan tagline Pulau Bidadari, "Eco Resort, Learn and Enjoy From Nature & History".

Wisata Bahari

Pulau memang identik dengan wisata bahari. Sebagai destinasi wisata pulau terdekat dengan Jakarta, Pulau Bidadari menyediakan berbagai alternatif kegiatan.

Salah satunya adalah watersport. Saat ini ada tiga olahraga air yang menjadi andalan Pulau Bidadari. Anda bisa bermain water sofa, banana boat, bahkan single maupun double canoe. Pengelola juga akan menambahkan jetski sebagai salah satu olahraga air yang bisa dinikmati pengunjung. Anda juga bisa berenang atau memancing.

Puas berurusan dengan air, aktivitas lain yang tidak kalah seru adalah bersepeda. Mengayuh sepeda berkeliling pulau sambil sesekali beristirahat di pendopo dekat pantai sambil menikmati embusan angin sepoi-sepoi khas pantai, bisa menjadi pilihan yang tak kalah seru.

Untuk menunjang semua kegiatan, pulau ini juga memiliki cottage. Ada 54 cottage dengan tipe dan ukuran beragam yang bisa Anda pilih jika ingin menghabiskan malam di pulau ini. Jika Anda ingin menikmati suasana berbeda, Anda bisa memilih menginap di floating cottage. Sensasi deburan ombak pun akan menemani tidur Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X