Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Sehari Semalam, Gili Trawangan Urutan Ketiga

Kompas.com - 11/10/2013, 16:55 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Situs perjalanan, TripAdvisor, merilis TripIndexIsland Sun 2013 yakni perbandingan biaya wisata satu malam untuk dua orang di 20 pulau-pulau tujuan wisata utama di Asia Tenggara.

TripAdvisor TripIndexIsland Sun dibuat berdasarkan jumlah biaya total untuk dua orang menginap di hotel bintang empat, makan dengan dua hidangan dan minuman kelapa muda, bir, pijat serta sewa sepeda dan peralatan selam. Biaya yang dikumpulkan akurat untuk periode 16 September hingga 3 Oktober 2013.

Pulau yang paling terjangkau untuk wisata satu hari satu malam untuk wisatawan Singapura adalah Koh Phangan di Thailand dengan biaya total TripIndex sebesar Rp 2.647.186. Sementara Gili Trawangan, di Lombok, NTB, berada di tempat ketiga dengan biaya Rp 2.932.920.

Pulau paling mahal ditempati Sentosa Island di Singapura dengan biaya TripIndex sebesar Rp 9.706.016 atau tiga kali lipat biaya Koh Phangan. Selanjutnya Langkawi Malaysia, dengan total biaya sebesar Rp 6.314.679.

“Menyambut musim liburan akhir tahun, TripIndexIsland Sun membantu wisatawan mengetahui apa yang terbaik mereka dapatkan dengan uang yang mereka miliki,” kata Juru Bicara TripAdvisor, Jean Ow-Yeong dalam siaran pers, Jumat (11/10/2013).

SHUTTERSTOCK Pulau Sentosa di Singapura.
Menurut Jean, daftar ini menunjukkan bahwa Koh Phangan di Thailand adalah tujuan wisata pulau yang paling terjangkau, sementara Sentosa Island di Singapura adalah yang paling mahal. "Pemicu terbesar dari biaya-biaya ini adalah harga hotel diikuti dengan pijat untuk dua orang," katanya.

Saat biaya menginap di hotel adalah biaya yang paling besar di daftar TripIndex, pembeda terbesar dalam biaya antara destinasi wisata termurah dan termahal adalah biaya sewa sepeda dan peralatan selam.

Dengan biaya Rp 1.325.388 untuk menyewa sepeda, Singapura hampir 5 kali lipat lebih mahal dibandingkan dengan PhuQuoc Island (Rp 54.763) di Vietnam.

Penyewaan peralatan selam tidak tersedia di Singapura, tapi biaya sewa dua kayak adalah Rp 1.488.792 atau 34 kali lebih mahal dibandingkan dengan biaya penyewaan alat selam di Koh Phi Phi Don, Thailand (Rp 43.466).

Rata-rata harga kamar yang termurah ada di Penang Malaysia (Rp 1.426.337) sementara yang paling mahal, hampir tiga kali lipatnya ada di Palawan, Filipina dengan biaya Rp 3.848.028 per malam.

SHUTTERSTOCK Pantai di Koh Phangan, Thailand.
Pulau-pulau di Thailand memberikan nilai terbaik sesuai dengan biaya yang dikeluarkan, dengan lima pulau masuk di daftar sepuluh teratas pulau yang paling terjangkau.

Walaupun Pulau Sentosa di Singapura adalah pulau yang paling mahal di wilayah ini dengan biaya tertinggi untuk semua kategori kecuali biaya hotel, Malaysia malah memiliki empat pulau dalam daftar destinasi wisata pulau termahal di Asia Tenggara. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com