Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaki Lima Night Market Terus Dibenahi

Kompas.com - 13/10/2013, 16:04 WIB
Tri Wahyuni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kaki Lima Night Market digelar untuk kedua kalinya di Jalan Medan Merdeka Selatan, Sabtu (12/10/2013) malam. Acara yang digelar Pemprov DKI Jakarta ini terus dibenahi dalam setiap penyelenggaraannya.

Berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya pada 5 Oktober 2013, Kaki Lima Night Market melibatkan lebih banyak Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM. Menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta, Andi Baso, pedagang kaki lima atau UMKM yang terlibat mengalami penambahan. Pada penyelenggaraan yang kedua, ada sekitar 180 pedagang dan 240 pedagang non-kuliner.

“Kita ingin mengangkat kaki lima. Pemda Jakarta memberi mereka ruang untuk berusaha mempromosikan produknya, untuk mempromosikan dia punya kegiatan di ruang publik,” ujar Andi kepada Kompas.com, Sabtu (12/10/2013) malam.

Pembenahan juga dilakukan dari tata kelola parkir. Pada Kaki Lima Night Market yang pertama, parkir hanya di lapangan IRTI, sementara untuk gelaran kedua ini, dibuka juga parkir silang monas untuk pengunjung pasar malam.

KOMPAS.COM/TRI WAHYUNI Suasana Kaki Lima Night Market di Jalan Medan Merdeka Selatan, Sabtu (12/10/2013) malam. Semakin malam pengunjung semakin banyak yang datang.
Perubahan lay-out juga dilakukan. “Kalau kemarin tuh ada yang di tengah jalan. Ternyata itu menghambat pergerakan pengunjung. Sekarang kita taruh di pinggir semua,” jelas Andi.

Selain untuk mengangkat UMKM, Kaki Lima Night Market juga bisa dijadikan alternatif destinasi warga DKI Jakarta dan sekitarnya yang ingin menghabiskan akhir pekan. “Masyarakat Jakarta perlu ruang untuk menghibur diri, untuk mengapresiasikan diri di malam hari. Mereka yang sudah penat sampai hari Jumat, maka hari Sabtu mereka bisa gunakan untuk menghibur diri,” tutur Andi.

Kaki Lima Night Market merupakan program hasil binaan Dinas Koperasi dan UMKM bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Energi. Ke depannya acara ini akan terus digelar setiap Sabtu malam di depan Balaikota.

KOMPAS.COM/TRI WAHYUNI Seorang anak sedang memilih barang yang ia sukai di Kaki Lima Night Market, Sabtu (12/10/2013) malam.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com