Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips dan Trik Berkunjung ke Penang

Kompas.com - 14/10/2013, 12:16 WIB
BERKUNJUNG ke negeri orang pasti tidak sama dibandingkan dengan menghabiskan waktu di negara sendiri. Berikut sarana dan trik yang mungkin berguna jika Anda melancong ke Penang, Malaysia.

1. Tukarkan uang

Tukarkan mata uang rupiah Anda begitu tiba di Bandar Udara Internasional Penang. Minta uang sen lebih banyak. Pecahan satu sen sangat berharga di Penang. Contohnya untuk membayar ongkos bus. Ongkos bus tidak bulat berkisar 1,4 ringgit-2,7 ringgit per orang. Di Penang tidak ada mekanisme pengembalian uang di bus saat uang Anda terlalu banyak.

Tidak kalah penting menanyakan berapa ongkos yang harus dibayar. Semakin dekat jarak ditempuh, semakin murah biaya yang harus dikeluarkan.

2. Bawalah brosur panduan wisata Penang

Brosur panduan wisata tidak hanya menggambarkan letak tempat wisata. Panduan rute bus juga terpapar lengkap. Jangan bawa satu brosur. Jika ada 2-3 brosur berbeda, ambil saja semuanya. Setiap brosur punya kelebihan dan kekurangan tersendiri.

3. Bawalah air minum

Penang punya suhu udara yang panas. Air minum penting dalam kondisi ini.

Harga air mineral ukuran 350 mililiter dijual 1 ringgit. Harga jus dan minuman sejenisnya dijual 2-3 kali lipat lebih mahal. Bawa air minum dari penginapan. Cara itu dijamin menghemat pengeluaran Anda.

4. Petakan rute perjalanan

Dengan waktu relatif singkat, pemilihan kawasan wisata sangat penting. Anda sebaiknya memprioritaskan tempat yang akan Anda kunjungi lebih dulu.

5. Pakai baju berbahan sejuk dan dingin

Pakaian yang tepat akan membuat Anda lebih nyaman. Jika terlalu tebal, Anda dijamin akan sibuk mengusap keringat ketimbang menikmati panorama Penang. (CHE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com