Soekarno-Hatta, Salah Satu Bandara Tersibuk di Dunia

Kompas.com - 16/10/2013, 18:13 WIB
Penumpang menuju pintu keberangkatan di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Minggu (17/6/2012). Data dari Airports Council Internasional menyebutkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta tercatat sebagai bandara dengan pertumbuhan tertinggi di dunia sebesar 19,2 persen pada tahun 2011. Jumlah penumpang yang dilayani 52,44 juta orang. Kompas/Agus SusantoPenumpang menuju pintu keberangkatan di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Minggu (17/6/2012). Data dari Airports Council Internasional menyebutkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta tercatat sebagai bandara dengan pertumbuhan tertinggi di dunia sebesar 19,2 persen pada tahun 2011. Jumlah penumpang yang dilayani 52,44 juta orang.
|
EditorWisnubrata
JAKARTA, KOMPAS.com  Bandara menjadi salah satu akomodasi penting yang dimiliki suatu negara. Ia ibarat gerbang masuk udara yang menghubungkan dengan dunia luar, antarpulau, antarbenua.

Baru-baru ini Airports Council  International (ACI), organisasi nonprofit dunia yang membidangi bandara, merilis 50 bandara tersibuk di dunia. Perhitungan urutan bandara berdasarkan lalu lintas penumpang, meliputi banyaknya penumpang yang lepas landas dari bandara, mendarat, dan transit.

Dikutip dari aviationbusinessme.com, Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang ada di Cengkareng, Indonesia, masuk dalam daftar sebagai 10 bandara tersibuk di dunia. Bandara ini menempati urutan kesepuluh dengan jumlah lalu lintas penumpang sebanyak lebih dari 29 juta orang.

Berikut daftar bandara tersibuk di dunia menurut Airports Council International.


Hartsfield Jackson Atlanta International Airport, Amerika Serikat

Meski mengalami penurunan lalu lintas penumpang sebesar 0,8 persen dari tahun sebelumnya, Hartsfield Jackson International Airport di Atlanta, Amerika Serikat, menempati urutan pertama bandara paling sibuk di dunia. Pada semester pertama tahun 2013, lalu lintas penumpang tercatat sebanyak 46.603.274 orang.

Beijing Capital International Airport, China

Urutan kedua bandara tersibuk di dunia ditempati oleh Beijing Capital International Airport di China. Tercatat lalu lintas penumpang sebanyak 40.793.384 pada semester pertama tahun 2013 dengan pertumbuhan 3,6 persen per tahun.

London Heathrow Airport, Inggris

London Heathrow Airport menjadi bandara tersibuk ketiga di dunia. Sebanyak 34.414.926 lalu lintas penumpang terjadi di dalam bandara hingga pertengahan tahun 2013, meningkat 2,4 persen dari tahun sebelumnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X