Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, wisata ke Balkan...

Kompas.com - 18/10/2013, 20:34 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

Dubrovnik Croatia Cable Car Dubrovnik Croatia Cable Car, Kroasia

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan Balkan di Eropa Tenggara menyimpan puluhan tempat wisata yang diakui sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO, taman nasional, serta lanskap pantai dan kota yang cantik.

Dengan alasan tersebut, menurut Head Of Marketing Departement Panaromic Travel Group, Miha Renko, sudah saatnya menjadikan Balkan ke dalam daftar tujuan wisata di Eropa.

"Banyak pengalaman dan pemandangan baru yang bisa Anda temukan dari mengunjungi negara-negara di Eropa Timur," kata Miha dalam paparan pariwisata Balkan kepada para penyedia jasa pariwisata (travel agent) dan media di Jakarta, Kamis (17/10/2013).

Adapun waktu terbaik untuk mengunjungi Balkan, lanjutnya, adalah pada sekitar bulan April dan Mei. "Pada pertengahan bulan Juni hingga September merupakan musim liburan sekolah di Eropa. Tak disarankan untuk datang pada saat itu karena beberapa tempat sangat ramai. Lebih baik datang pada sebelum atau setelahnya," ujar Miha.

Dia pun mengatakan, banyak atraksi wisata yang dapat dilakukan di kawasan yang merupakan kumpulan negara-negara kecil tersebut.

"Kegiatan alam seperti olahraga air bisa dilakukan di sekitar Laut Adriatik. Serta jika ingin cycling dan hiking bisa dilakukan di Serbia dan Bosnia. Di Macedonia pun bisa dilakukan dengan adanya Gunung Mavrovo," jelas Miha.

Selain itu, jika ingin melihat kebudayaan orang Eropa, bisa berkunjung pada saat digelar karnaval. Pada saat itu, akan banyak orang turun ke jalan dengan menggunakan pakaian tradisional.

"Karnaval bagi orang Eropa menandakan berarti musim semi akan datang. Semacam merayakan musim semi," ungkap Miha.

Sementara urusan makanan, Miha mengatakan, di Balkan, telah banyak dibuka restoran-restoran yang menyediakan masakan dari Asia juga restoran berlabel halal untuk para wisatawan muslim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com