Kompas.com - 22/10/2013, 12:03 WIB
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Walaupun Myanmar tidak begitu terkenal akan wisata pantainya, berlibur ke Pantai Chaung Tha dapat menjadi sebuah pilihan wisata yang menarik apabila kita sedang berada di Myanmar.

Pantai Chaung Tha merupakan sebuah pantai yang terletak di Ayeyarwady Region, bagian barat Myanmar yang berada di tepian Teluk Benggala. Butuh sekitar lima hingga enam jam perjalanan menggunakan bus atau mobil sewa untuk mencapai Pantai Chaung Tha dari Yangon dengan kondisi jalan yang cukup sempit dan berliku.

ARYA DARU PANGAYUNAN Sunset di Pantai Chaung Tha, Myanmar.
Pantai Chaung Tha memiliki karakter yang cukup landai dengan ombak yang tidak begitu besar sehingga cukup aman bagi kita untuk bermain air di pantai ini. Pasir Pantai Chaung Tha berwarna keemasan dan bersifat cukup padat sehingga menyenangkan bagi kita yang senang bermain dan membangun istana pasir.

Di sepanjang pantai, banyak yang menyewakan sepeda apabila kita ingin menyusuri pantai. Banyak pula yang menyewakan ban-ban dalam bagi yang ingin bermain dan mengapung di air. Jetski dan perahu karet juga disewakan. Apabila kita mencari minuman segar, penjual kelapa muda dapat dengan mudah dijumpai sepanjang pantai.

ARYA DARU PANGAYUNAN Pantai Chaung Tha di Myanmar.
Pantai Chaung Tha terkenal dengan seafood segar yang dijajakan di warung-warung tidak jauh dari pantai. Banyak pula kios-kios penjual cenderamata yang umumnya terbuat dari kulit kerang.

Tidak banyak turis asing di Pantai Chaung Tha. Jika diperhatikan sebagian besar pengunjung Pantai Chaung Tha adalah turis domestik Myanmar dari kelas menengah ke atas karena di Pantai Chaung Tha terdapat banyak resort yang memiliki harga yang cukup tinggi, walaupun ada pula beberapa penginapan berharga murah. Resort-resort tersebut rata-rata menghadap langsung ke pantai. (Arya Daru Pangayunan, staf KBRI Yangon)

ARYA DARU PANGAYUNAN Kios cenderamata Pantai Chaung Tha, Myanmar.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.