Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Chaung Tha, Tempat Rekreasi Warga Myanmar

Kompas.com - 22/10/2013, 12:03 WIB
KOMPAS.com - Walaupun Myanmar tidak begitu terkenal akan wisata pantainya, berlibur ke Pantai Chaung Tha dapat menjadi sebuah pilihan wisata yang menarik apabila kita sedang berada di Myanmar.

Pantai Chaung Tha merupakan sebuah pantai yang terletak di Ayeyarwady Region, bagian barat Myanmar yang berada di tepian Teluk Benggala. Butuh sekitar lima hingga enam jam perjalanan menggunakan bus atau mobil sewa untuk mencapai Pantai Chaung Tha dari Yangon dengan kondisi jalan yang cukup sempit dan berliku.

ARYA DARU PANGAYUNAN Sunset di Pantai Chaung Tha, Myanmar.
Pantai Chaung Tha memiliki karakter yang cukup landai dengan ombak yang tidak begitu besar sehingga cukup aman bagi kita untuk bermain air di pantai ini. Pasir Pantai Chaung Tha berwarna keemasan dan bersifat cukup padat sehingga menyenangkan bagi kita yang senang bermain dan membangun istana pasir.

Di sepanjang pantai, banyak yang menyewakan sepeda apabila kita ingin menyusuri pantai. Banyak pula yang menyewakan ban-ban dalam bagi yang ingin bermain dan mengapung di air. Jetski dan perahu karet juga disewakan. Apabila kita mencari minuman segar, penjual kelapa muda dapat dengan mudah dijumpai sepanjang pantai.

ARYA DARU PANGAYUNAN Pantai Chaung Tha di Myanmar.
Pantai Chaung Tha terkenal dengan seafood segar yang dijajakan di warung-warung tidak jauh dari pantai. Banyak pula kios-kios penjual cenderamata yang umumnya terbuat dari kulit kerang.

Tidak banyak turis asing di Pantai Chaung Tha. Jika diperhatikan sebagian besar pengunjung Pantai Chaung Tha adalah turis domestik Myanmar dari kelas menengah ke atas karena di Pantai Chaung Tha terdapat banyak resort yang memiliki harga yang cukup tinggi, walaupun ada pula beberapa penginapan berharga murah. Resort-resort tersebut rata-rata menghadap langsung ke pantai. (Arya Daru Pangayunan, staf KBRI Yangon)

ARYA DARU PANGAYUNAN Kios cenderamata Pantai Chaung Tha, Myanmar.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com