Menikmati "Sunrise" di Gunung Batur, Wow Indahnya...

Kompas.com - 22/10/2013, 15:11 WIB
Wisatawan menikmati matahari terbit dari kawah I Gunung Batur di Kecamatan Kintamani, Bangli, Bali, Jumat (7/10/2011). Gunung ini memiliki tiga buah kawah yang masih aktif yang terletak di kaldera Batur raksasa. Banyak wisatawan ke tempat ini hanya berolahraga dan melihat pemandangan. Padahal kawasan gunung juga menjadi laboratorium geologi yang mahakaya. KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT Wisatawan menikmati matahari terbit dari kawah I Gunung Batur di Kecamatan Kintamani, Bangli, Bali, Jumat (7/10/2011). Gunung ini memiliki tiga buah kawah yang masih aktif yang terletak di kaldera Batur raksasa. Banyak wisatawan ke tempat ini hanya berolahraga dan melihat pemandangan. Padahal kawasan gunung juga menjadi laboratorium geologi yang mahakaya.
|
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Waktu fajar yakni saat matahari perlahan menampilkan cahaya hangatnya ke muka bumi menjadi salah satu lukisan terbaik yang digoreskan oleh alam.

Pancaran keemasan sinar matahari mengelir langit tak jarang menjadi momen yang dikejar oleh wisatawan bila sedang berada dalam perjalanan liburan.

Menyaksikan matahari terbit atau terkenal dengan waktu sunrise bisa didapat dari gunung maupun laut. Di seluruh dunia, banyak tempat diklaim menawarkan sunrise terbaik seperti yang dilansir Lonely Planet. Dari berbagai tempat yang tercantum, nama Gunung Batur di Bali masuk di antaranya.

Uluru, Australia

Jika ingin mendapatkan momen menyaksikan keajaiban matahari terbit di pusat Australia, setidaknya harus bersiap dari jam 4 pagi. Pada saat itu, langit akan menampilkan cahaya bak tinta keunguan, hijau dan biru. Menerangi batu merah Urulu dalam pendar cahaya.

Gunung Batur, Indonesia

Gunung Batur merupakan gunung tertinggi kedua di Bali. Gunung itu berada di tengah Danau Batur. Sejak tahun lalu, kaldera yang dimilikinya terdaftar dalam Global Geopark Network (GGN) atau jaringan taman bumi global dari UNESCO. Kaldera juga menjadi laboratorium alam dan budaya terlengkap.

Danau Inle, Myanmar

Salah satu pilihan menyaksikan keindahan matahari terbit Danau Inle adalah dengan memilih penginapan rumah panggung yang menghadap tepi danau. Dari sana, gurat cahaya matahari bahkan bisa disaksikan hanya dari balkon kamar sambil menyeruput minuman hangat.

Bryceanyon, Amerika Serikat

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X