Kompas.com - 24/10/2013, 11:09 WIB
EditorI Made Asdhiana
MATARAM, KOMPAS.com - Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) gencar mempromosikan potensi pariwisata pantai dan gunung, selain wisata Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE).

"Kami sedang gencar-gencarnya menggarap 3M (marine, mountain, dan MICE), untuk mendatangkan wisatawan sebanyak-banyaknya," kata Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Nusa Tenggara Barat (NTB), Awandi Aswinabawa, di Mataram, Rabu (23/10/2013).

Awandi mengatakan, NTB cukup kaya obyek wisata pantai, dan gunung, selain potensi MICE, namun sejauh ini belum dioptimalkan.

Selain keindahan dan panorama alam Gunung Rinjani di Pulau Lombok, dan Gunung Tambora di Pulau Sumbawa, juga pantai Senggigi di Lombok Barat, Medana di Lombok Utara, Sekotong di Lombok Barat, dan Pantai Pink di Lombok Timur, serta pantai kuta di Lombok Tengah.

Oleh karena itu, BPPD NTB terus berkoordinasi dengan para pihak untuk mengembangkan potensi wisata itu agar diminati para wisatawan.

"Tentunya kami juga mendorong peningkatan SDM bidang pariwisata, dan itu juga terus dikoordinasikan dengan asosiasi seperti Asita, PHRI, INCCA, Astindo dan HPI, serta pihak terkait lainnya," ujarnya.

Selain itu, BPPD NTB juga dituntut untuk meningkatkan kreatifitas dalam mempromosikan potensi pariwisata agar jumlah wisatawan yang datang ke NTB.

Menurut Awandi, sejauh ini porsi kegiatan promosi pariwisata NTB di dalam negeri mencapai 85 persen, dan sisanya atau 15 persen merupakan kegiatan promosi di luar negeri, seperti yang dilakukan di China dan Hongkong serta AS.

Upaya lainnya, yakni menjalin koordinasi dengan biro perjalanan wisata dari berbagai kota pariwisata di Indonesia, seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dan kota lainnya di Pulau Jawa.

KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT Mendaki Gunung Tambora di Pulau Sumbawa, NTB.
Jalinan kerja sama antarbiro perjalanan wisata itu diharapkan makin memudahkan wisatawan berkunjung ke wilayah NTB, setelah lebih dulu berada di kota-kota besar di Pulau Jawa itu.

BPPD NTB pun telah menempatkan perwakilan di Queensland, Australia bagian timur dan Seoul Korea Selatan, serta Singapura, untuk membantu mempromosikan potensi pariwisata unggulan. Perwakilan BPPD NTB itu masing-masing John Forsyth di Queensland Australia dan Tony Hwang di Seoul, Korea Selatan.

"Kami juga membina hubungan baik dengan berbagai media massa untuk terus mempublikasikan potensi wisata NTB, agar semua pihak lebih siap menghadapi tantangan pengembangan pariwisata di masa mendatang," kata Awandi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.