Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk ke Festival Loy Kratong di Thailand

Kompas.com - 25/10/2013, 17:57 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Thailand semakin gencar menggelar berbagai festival untuk menarik kunjungan wisatawan. November ini akan digelar Festival Loy Kratong, salah satu festival paling terkenal di Thailand dan secara luas dianggap sebagai perayaan paling romantis dan indah. Situs pemesanan hotel, Agoda.com memberikan penawaran hotel untuk para pelancong yang ingin menghadiri Festival Loy Kratong.

Pada tanggal 17 November 2013 malam bulan purnama ke-12 di kalender tradisional Thailand, masyarakat akan menuju ke berbagai sungai, danau dan kanal di Thailand untuk mengikuti tradisi yang sudah dilakukan ribuan tahun ini.

Sebagai pemujaan kepada Phra Mae Khongkha, Dewi Air, festival ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menghargai dan berterima kasih atas kemurahan hatinya selama setahun ini, dan memohon untuk tetap memberikan keberuntungan untuk setahun ke depan.

Di Thailand, sebagai budaya dengan tingkat ketergantungan yang tinggi pada pertanian, telah lama memiliki keterikatan yang mendalam dan vital dengan ketersediaan air, sehingga tidaklah mengejutkan bahwa Loy Kratong masih menjadi kegiatan penting.

Keunikan dari festival ini secara tepat mendeskripsikan, dalam bahasa Thailand, apa yang para peserta harus lakukan. Di sekeliling sumber air besar mana pun di seluruh penjuru negeri, terdapat puluhan penjual yang menawarkan berbagai macam perahu bulat kecil, disebut kratong, dari yang berukuran kecil dan sederhana hingga besar dengan berbagai ornamen.

Terbuat dari kayu, roti atau potongan bambu dan pohon pisang, perahu kecil ini kerap kali dihiasi dengan bunga, dedaunan, lilin, dupa dan berbagai jenis dekorasi lainnya. Setelah memilih kratong-nya, para peserta menuju ke air, berdoa, dan mengapungkan (loy) kratong mereka. Untuk sedikit sentuhan karma, beberapa orang bahkan meletakkan potongan kuku atau beberapa helai rambut mereka sebagai simbol permulaan baru.

Namun tidak hanya air saja yang mendapatkan perhatian, lentera terbang juga dilepaskan dalam jumlah besar. Disebut dengan khom loy, kantong kertas berukuran besar ini menggunakan udara panas yang dikeluarkan dari lilin untuk dapat terbang tinggi hingga hanya terlihat seperti titik oranye di langit.

"Satu lentera saja sudah cantik, apalagi ribuan lentera, khususnya di Chiang Mai. Hal ini merupakan pemandangan yang luar biasa mengagumkan untuk disaksikan. Dan pastinya, layaknya festival Thailand, terdapat berbagai macam makanan, kembang api, dan suasana jalanan yang lebih ramai lagi," kata Fandi Prathama, Online Marketing Associate - Indonesia Agoda.com dalam siaran pers, Kamis (24/10/2013).

ARSIP AGODA.COM Festival Loy Kratong di Thailand.
Ketika merayakan Loy Kratong, para peserta diminta menghindari kratong yang tidak dapat diurai secara alami. Beberapa tahun silam, styrofoam atau plastik sangatlah populer, namun menyumbat sungai dan menyebabkan pencemaran besar. Disarankan untuk membeli kratong yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Festival Loy Kratong dirayakan di seluruh penjuru Thailand, namun yang paling ramai ada di Bangkok dan Chiang Mai. Di Bangkok, Taman Lumpini, Taman Benchasiri, Taman Benjakiti atau daerah mana pun di sepanjang Sungai Chao Phraya merupakan lokasi populer untuk didatangi. "Sementara di Chiang Mai, pergilah ke Sungai Ping atau parit kuno yang mengelilingi pusat kota," kata Fandi. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com