Kompas.com - 29/10/2013, 13:46 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Banyak orang menghindari untuk berlibur bersama keluarga. Salah satu alasannya adalah repot. Apalagi, jika anak-anak atau balita ikut serta.

Padahal jika pandai-pandai menyiasati, berlibur bersama keluarga menjadi momen menarik sendiri yang bisa mengakrabkan antar anggota keluarga. Pandai-pandai saja mengatur waktu, destinasi wisata, serta barang bawaan selama berlibur.

Tujuan

Pilihlah tujuan yang memberikan banyak pengalaman bagi keluarga terutama jika bersama anak-anak. Misalnya saja bermain di pantai, mengunjungi museum atau bangunan bersejarah, bermain di luar ruangan atau outbound, serta bisa juga menjajal wisata kuliner.

Kegiatan

Destinasi liburan menentukan kegiatan yang bisa dilakukan pada lokasi. Misalnya jika memilih untuk berlibur ke tempat terbuka seperti pantai dan taman, bisa memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk melihat berbagai hal dan berinteraksi dengan banyak orang.

Tempat tinggal

Jika berwisata bersama keluarga, pastikan telah memesan tempat untuk tinggal. Pesan penginapan jauh hari sebelumnya. Pilih penginapan yang ramah bagi keluarga. Selain itu, jarak penginapan dengan pusat keramaian kota juga menjadi nilai tambah.

Perlengkapan

Meski berwisata bersama keluarga, usahakan membawa perlengkapan seringkas mungkin. Jangan membawa barang-barang terlalu banyak yang akhirnya membebankan anggota keluarga. satu orang anggota keluarga cukup membawa satu atau maksimal dua tas yang dapat digendong atau dijinjing. Jika membawa anak-anak, bawakan saja dia tas kecil yang berisi cemilan atau barang pribadinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.