Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singabarong, Kereta Canggih Sultan Cirebon Masa Lalu

Kompas.com - 30/10/2013, 08:59 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

SEBELUM ada mobil bermesin canggih masa kini, Kesultanan Cirebon rupanya telah memiliki kendaraan dengan memiliki konsep serupa mobil canggih.

Kendaraan itu bernama Kereta Singabarong yang tersimpan di salah satu museum di Kesultanan Kasepuhan, Cirebon. Kereta ini digunakan sebagai kendaraan Sultan pada masa itu. Saat menggunakannya dengan ditarik oleh empat ekor kerbau.

Menurut salah satu abdi dalem Kesultanan Cirebon, Usman, kereta ini asli buatan putra Cirebon bernama Panembahan Losari sekitar pada tahun 1549.

Bahan pembuat kereta sebagian besar terbuat dari kayu. Ia juga dilengkapi shockbreaker yang menjadi suku cadang sebagian besar kendaraan. Bedanya, shockbreaker pada kereta terbuat dari kulit. Selain itu, alat kemudi kereta juga memiliki sistem hidrolik dengan memakai bahan kayu dan baja.

Kereta memiliki sejenis sayap pada bagian sisi kanan dan kiri. Bentuk bagian depan kereta menyerupai kepala naga dengan lidah terjulur serta belalai panjang yang membelit trisula. Di belakangnya ada bangku yang diberi tandu sebagai pelindung untuk tempat duduk Sultan.


KOMPAS.com / FITRI PRAWITASARI Kereta Singabarong di Kesultanan Kasepuhan, Cirebon
"Jika sayap digerakkan maka lidah akan masuk keluar dan ke dalam secara otomatis. Inilah hebatnya. Di zaman itu sudah bisa membuat kendaraan semacam ini," kata Usman.

Pada museum ini, kereta Singabarong tak sendirian. Ia mempunyai kembaran. Duplikat kereta Singabarong ada di ruangan belakang museum. Bentuknya sama persis.

Menurut Usman, duplikat kereta Singabarong dibuat pada tahun 1996. Kereta inilah yang biasanya digunakan untuk acara festival yang digelar keraton pada masa sekarang. Sedangkan kereta yang asli hanya digunakan pada saat peringatan 1 Syawal. Tetapi tidak untuk diduduki. Kereta ini hanya dibersihkan dan dipajang untuk diperlihatkan kepada masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com