Kompas.com - 03/11/2013, 16:32 WIB
Pantai Pulau Merah di Banyuwangi, Jawa Timur. WWW.BANYUWANGIKAB.GO.IDPantai Pulau Merah di Banyuwangi, Jawa Timur.
EditorI Made Asdhiana
BANYUWANGI, KOMPAS.com - Bersepeda kini kian menjadi tren di masyarakat. "Gowes" menjadi hobi baru sebagian masyarakat untuk menghabiskan waktu rekreasi sekaligus berolahraga.

Nah, di kawasan timur Pulau Jawa, ada spot bersepeda menarik yang patut dijajal. Salah satunya adalah Pantai Pulau Merah yang terletak di Banyuwangi, Jawa Timur.

Bagi Anda pencinta "gowes", Pantai Pulau Merah menjanjikan panorama yang menawan. Di sepanjang perjalanan menuju pantai dengan ombak bagus tersebut, Anda akan disuguhi panorama kawasan agraris nan subur dengan sungai yang bergemericik di sepanjang sisinya.

Beberapa tanjakan jalan dan kelokan bisa menguji ketahanan serta adrenaline Anda dalam bersepeda.

Sekitar lima kilometer menjelang garis pantai, Anda akan menyaksikan hamparan tanah berhektar-hektar yang dijadikan tempat budidaya buah naga (Hylocereus Undatus). Buah naga kini semakin banyak dibudidayakan karena dikenal mempunyai beragam khasiat, mulai dari membantu penyembuhan kanker hingga membantu menjaga kesehatan kulit.

Jika Anda ingin menjajal kemampuan bersepeda dari pusat kota Banyuwangi, dibutuhkan waktu sekitar 150 menit. Namun, Anda bisa juga berkendaraan bermotor ke Pantai Pulau Merah dengan waktu tempuh sekitar 90 menit dari pusat kota. Nah, 10 kilometer menjelang garis pantai, Anda baru bisa turun bersepeda dan menikmati sensasinya.

Pulau Merah sendiri adalah pulau yang berbentuk seperti bukit kecil dengan pantai berpasir putih yang indah. Garis pantainya sekitar tiga kilomer. Dari pusat kota Banyuwangi, jarak ke Pantai Pulau Merah sekitar 70 kilometer. Perjalanan ke Pantai Pulau Merah bisa ditempuh dengan waktu sekitar 90 menit berkendaraan motor dari Banyuwangi.

KOMPAS/RADITYA HELABUMI Para pebalap beradu cepat dalam circuit race sejauh 100 kilometer pada etape ketiga Tour de Ijen di Kota Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (9/12/2012).
Pantai Pulau Merah memiliki ombak yang bagus untuk berselancar, terutama pada bulan April sampai September. Pada Mei 2013 lalu, di tempat ini dihelat Kompetisi Selancar Internasional. Sunset yang indah membuat pantai ini kini menjadi primadona wisatawan di kawasan timur Pulau Jawa.

"Kami mulai meningkatkan intensitas promosi Pantai Pulau Merah antara lain dengan konsep sport tourism. Setelah ada Kompetisi Selancar Internasional Mei lalu, pantai ini menjadi finish etape kedua International Banyuwangi Tour de Ijen hari ini," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi, Minggu (3/11/2013).

International Banyuwangi Tour de Ijen berlangsung mulai 2-5 November 2013 dengan finish di Kawah Ijen yang diikuti 14 tim luar negeri dan enam tim dalam negeri.

Anas menambahkan, di Pantai Pulau Merah juga akan dibangun penginapan dengan konsep dormitory yang cocok untuk para petualang. (*)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.