Kompas.com - 04/11/2013, 12:50 WIB
EditorI Made Asdhiana
ADA beberapa kebiasaan dan perilaku khas masyarakat Korea Selatan yang menonjol dan menarik perhatian selama Kompas berada di ”Negeri Ginseng” ini lebih dari sebulan.

Salah satu hal paling menonjol dari warga Korsel adalah kebiasaan mengerjakan segala sesuatu dengan cepat. Bagi sebagian masyarakat Indonesia, terutama yang masih menganut filosofi alon-alon waton kelakon (pelan-pelan asal dikerjakan) kebiasaan ingin serba cepat tadi kadang bisa membuat kagok.

”Orang Korea memang senang bekerja cepat, bahkan cenderung terburu-buru. Namun, hasilnya tetap harus sempurna,” ujar Kim Daejoong, dosen Komunikasi Universitas Korea.

Menurut Kim, masyarakatnya bahkan punya ekspresi kata-kata khusus tentang fenomena itu, yakni ”Palli, palli!” Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, artinya kira-kira, ”Cepat, cepat!”

Ciri khas lain orang Korsel, terutama warga Seoul, adalah kedisiplinan mereka mengantre setiap menunggu sesuatu.

Mereka tak keberatan berbaris rapi, terutama saat menunggu kendaraan umum, macam bus kota atau kereta api bawah tanah. Kebiasaan itu diterapkan bukan hanya oleh orang dewasa, melainkan juga anak-anak.

Saat berkunjung ke Museum Peringatan Perang Korea, misalnya, sejumlah anak sekolah dasar berbaris mengantre di depan mesin dispenser air mineral untuk mengisi termos minum mereka.

Padahal, tak ada seorang pun guru yang mengawasi atau mendampingi mereka. Kebiasaan mengantre tampak sudah tertanam, bahkan di usia dini.

Gemar sayur dan kopi

Ciri khas dominan ketiga adalah kesenangan orang Korea menyantap dan menyajikan sayuran dalam setiap menu makanan berat apa pun yang mereka makan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.