Kompas.com - 09/11/2013, 12:10 WIB
Sejumlah wisatawan berenang dan menyelam di pantai Pulau Kepa, Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur, beberapa waktu lalu. Sejumlah pulau di Alor yang masih sepi, bahkan tak berpenghuni, menawarkan pantai yang masih alami dan jauh dari keramaian. Alor juga dikenal sebagai surga terumbu karang dengan 47 titik penyelaman. KOMPAS/IRENE SARWINDANINGRUMSejumlah wisatawan berenang dan menyelam di pantai Pulau Kepa, Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur, beberapa waktu lalu. Sejumlah pulau di Alor yang masih sepi, bahkan tak berpenghuni, menawarkan pantai yang masih alami dan jauh dari keramaian. Alor juga dikenal sebagai surga terumbu karang dengan 47 titik penyelaman.
EditorI Made Asdhiana
KUPANG, KOMPAS.com - Bupati terpilih Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) periode 2013-2018, Amon Djobo diharapkan mengembangkan dan mengoptimalkan potensi wisata yang tersedia di daerah Alor seperti Taman Laut, Karang dan biota laut lainnya yang memesona untuk mensejahterakan rakyat.

"Ini penting karena pengalaman ketika memimpin daerah ini dalam perencanaan pembangunan jangka menengah dan panjang, sektor pariwisata menjadi andalan untuk mendorong sektor-sektor lain sekaligus menggerakkan perekonomian di daerah ini," kata tokoh masyarakat Kabupaten Alor, Ansgerius Takalapeta di Kupang, Jumat (8/11/2013).

Mantan bupati Alor dua periode itu mengemukakan pandangannya itu terkait harapan-harapannya kepada bupati terpilih Amon Djobo untuk lebih fokus mengelola daerah seluas 2.864,6 km persegi itu.

"Sampai saat ini harus diakui bahwa taman laut di Alor yang menjanjikan untuk pengembangan pariwisata di Alor, belum bisa diandalkan sebagai salah satu aset bagi kabupaten tersebut.

Padahal, menurut mantan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT ini, taman laut Alor disebut-sebut terbaik kedua di dunia setelah Kepulauan Karibia dan memiliki kebeningan air laut yang dihuni karang dan ikan warna-warni membuat laut Alor terkenal ke seantero jagat.

Alor memiliki air laut yang bersih, biota laut yang beraneka ragam, terdapat titik selam yang dapat dinikmati pada malam hari. Taman laut kelas dunia itu juga memiliki Kampung Tradisional Takpala yang banyak digemari wisatawan nusantara dan mancanegara.

"Kampung tradisional Takpala terletak di Desa Lembur Barat, Kecamatan Alor Tengah Utara, Kabupaten Alor dapat ditempuh dengan sepeda motor itu memiliki 12 rumah adat dan merupakan tujuan wisata Alor yang telah ditata cukup baik," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kabupaten Alor merupakan wilayah kepulauan yang terdiri dari 20 pulau, di mana sembilan pulau dihuni penduduk yakni Pulau Alor, Pulau Pantar, Pulau Pura, Pulau Tereweng, Pulau Ternate, Kepa, Pulau Buaya, Pulau Kangge dan Pulau Kura.

Sebelas pulau lainnya tidak berpenghuni, masing-masing Pulau Sikka, Pulau Kapas, Pulau Batang, Pulau Lapang, Pulau Rusa, Pulau Kambing, Pulau Watu Manu, Batu Bawa, Pulau Batu Ille, Pulau Ikan Ruing, dan Pulau Nubu.

KOMPAS/CORNELIUS HELMY HERLAMBANG Satu Keluarga.
Potensi ini perlu dioptimalkan karena NTT termasuk Alor telah menjadi salah satu daerah tujuan wisata di Indonesia mempunyai berbagai aneka obyek wisata.

"Selama ini hanya ada beberapa wilayah yang hanya dikenal oleh wisatawan nusantara maupun mancanegara. Sementara sebagian besar lainnya sedang digali dan dikembangkan, melalui promosi berbagai media pariwisata dan media lain," katanya.

Kabupaten Alor yang memiliki keanekaragaman obyek dan daya tarik wisatawan seperti taman laut di Selat Pantar, rumah adat tradisional Takpala dan kegiatan budaya Alabawei di Desa Bangpalola, Mesjid tua di Lerabain serta kampung adat di Pantar Timur, perlu didorong untuk semakin produktif.

"Obyek wisata serta daya tarik yang ada di wilayah Alor khususnya dan NTT umumnya, merupakan salah satu aset dari bangsa Indonesia. Aset yang ada ini kiranya dapat dipromosikan, sehingga obyek wisata ini bisa menjadi daya tarik wisatawan luar negeri untuk bisa datang dan menikmati keindahan alam laut di daerah ini," katanya.



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.