8 Negara Ramaikan Festival Perahu Naga

Kompas.com - 09/11/2013, 17:40 WIB
Ilustrasi perahu naga Kompas/Mukhamad KurniawanIlustrasi perahu naga
EditorI Made Asdhiana
MAKASSAR, KOMPAS — Sebanyak 200 peserta dari delapan negara, Jumat (8/11/2013), mengikuti lomba perahu naga yang dikenal dengan Celebes International Dragon Boat Festival di Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan. Acara ini merupakan salah satu rangkaian dari peringatan Hari Ulang Tahun Ke-406 Kota Makassar.

Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin mengatakan, acara ini menjadi salah satu daya tarik wisata ke ibu kota Sulawesi Selatan (Sulsel). ”Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan dengan jumlah peserta yang semakin banyak,” katanya saat membuka acara di anjungan Pantai Losari.

Celebes International Dragon Boat Festival (CIDBF) yang berhadiah total Rp 100 juta ini dijadwalkan berlangsung dari Jumat hingga Minggu (10/11/2013). Acara ini merupakan yang kedua setelah sebelumnya digelar pada 2012. Dari sisi jumlah peserta dan keikutsertaan negara, dalam ajang tahun ini terjadi peningkatan. Pada tahun lalu, jumlah peserta sekitar 100 orang yang berasal dari tiga negara.

Ketua Panitia Arwan Tjahjadi menambahkan, ajang ini menitikberatkan pada unsur wisata dan olahraga ketimbang kompetisi. ”Jangka panjangnya, jumlah wisatawan ke Makassar diharapkan bisa semakin meningkat,” ujarnya.

Selain Indonesia sebagai tuan rumah, negara yang berpartisipasi adalah Australia, Malaysia, Singapura, India, Inggris, Iran, dan Filipina. ”Ada peserta yang berasal dari klub di kampus ataupun kepolisian di negaranya,” kata Arwan.

Jenny, salah satu peserta asal Australia, mengaku antusias mengikuti CIDBF. Dia bersama 21 rekan akan mengikuti semua lomba. (ENG)

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X