Kompas.com - 11/11/2013, 12:23 WIB
EditorI Made Asdhiana
FUZHOU, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Mari Elka Pangestu membuka "Wonderful Indonesia" di kota Fuqing dalam kunjungan kerjanya ke China.

Mari melakukan pertemuan bilateral dengan Pemerintah Provinsi Fujian dan membahas cara meningkatkan hubungan antara Fujian dan Indonesia, di antaranya permohonan dukungan untuk Fujian Commodities Fair yang diselenggarakan di Indonesia dan peningkatan hubungan melalui program sister province (Jawa Tengah-Fujian) dan sister cities (Surabaya-Fuzhou, Chengzhou-Palembang).

Seperti tertulis dalam keterangan pers Kemenparekraf, Minggu (10/11/2013), adanya penerbangan langsung oleh Xiamen Air antara Fuzhou, ibu kota Fujian, dan Jakarta diharapkan dapat peningkatan hubungan ekonomi dan peningkatan kunjungan dua arah antara wisatawan China dari Fujian dan Indonesia.

Acara promosi Wonderful Indonesia yang dilaksanakan di Fuqing dilaksanakan dengan kerja sama antara Perhimpunan Indonesia-Tionghoa (INTI) dengan Kemenparekraf, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), dan Pemerintah Kota Fuqing. Acara diselenggarakan di Art & Cultural Center Fuqing, RRT selama tiga hari dari tanggal 8 hingga 10 November 2013.

"China merupakan pasar utama pariwisata kita yang setiap tahun tumbuh pesat memberikan kontribusi cukup besar terhadap kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia," kata Mari Pangestu.

SERAMBI/M ANSHAR Turis dari kapal pesiar MV Clipper Odyssey disambut tarian ranup lampuan saat tiba di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, Kamis (10/1/2013). Kapal yang mengangkut 150 penumpang dari berbagai negara dalam tour wisata Zegrahm Expedition tersebut melego jangkar selama enam jam di lepas pantai Banda Aceh untuk membawa para turis melakukan city tour ke beberapa situs sejarah dan tsunami Aceh.
Pada Januari hingga Agustus 2013 jumlah kunjungan wisman dari China ke Indonesia sebanyak 505.812 wisatawan atau mengalami pertumbuhan hingga 22,56 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Keseluruhan jumlah kunjungan wisman ke Indonesia pada Januari-September 2013 sebanyak 6,4 juta wisatawan sehingga pada akhir tahun ini optimistis akan meraih target sebesar 8,6 juta wisatawan.

Selain China, program promosi Wonderful Indonesia akan digencarkan ke negara terdekat seperti Singapura, Malaysia, Australia, dan Jepang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.