Hindari Makanan Ini Sebelum Naik Pesawat

Kompas.com - 12/11/2013, 16:44 WIB
Penumpang anak-anak dan orangtuanya dalam penerbangan Emirates. ARSIP EMIRATESPenumpang anak-anak dan orangtuanya dalam penerbangan Emirates.
|
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Pelesir menggunakan pesawat terbang ternyata tak semudah yang dibayangkan. Apalagi jika waktu tempuh perjalanan cukup panjang. Kebugaran tubuh menjadi kunci kenyamanan sepanjang berada di pesawat.

Berada dalam waktu cukup lama di ketinggian, seringkali penumpang mengalami sindrom jet lag. Namun berbeda dengan jet lag, ada pula sindrom lain bernama jet bloat. Jet bloat yaitu kondisi tidak nyaman yang dialami penumpang pesawat selama berada di dalam penerbangan.

Menurut laporan PRweb seperti dirilis Fox News, istilah jet bloat mengacu pada volume gas tubuh yang meningkat ketika berada di ketinggian. Semakin jauh berada di ketinggian, maka gas yang dihasilkan tubuh semakin banyak.

Untuk itu menjadi hal penting dalam memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelum lepas landas. Tidak disarankan untuk mengonsumsi alkohol dan kopi. Dua minuman tersebut bisa menyebabkan cepat haus yang dilanjutkan dehidrasi.

Kemudian, hal ini dapat mengakibatkan sakit kepala dan perasaan gelisah selama berada di ketinggian. Beberapa makanan di bawah ini dianjurkan untuk dihindari sebelum melakukan perjalanan dengan pesawat untuk mencegah jet bloat.

Kentang goreng

Memang terasa nikmat menyantap kentang goreng dengan irisan tipis-tipis. Apalagi kentang disantap panas-panas baru turun dari wajan. Gurihnya kentang pasti membuat ketagihan. Tetapi ada baiknya jika Anda menunda dulu mengonsumsi kentang jika hendak melakukan perjalanan dengan pesawat.

Kentang mengandung lemak dan natrium yang tinggi. Sementara jika berada di ketinggian, sistem pencernaan tubuh kita tidak mampu untuk mencerna zat tersebut. Hal tersebut akhirnya dapat mengakibatkan perut kembung dan rasa gelisah sepanjang perjalanan.

Apel

Meski buah-buahan adalah makanan sehat, namun apel dan buah-buahan berserat lainnya tidak mudah dicerna tubuh. Selain itu, apel pun mengandung gas yang dapat membuat perut kembung.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Fox News
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X