Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keindahan Kalimantan Ditampilkan di Botany Square

Kompas.com - 13/11/2013, 13:24 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Keanekaragaman pariwisata di Kalimantan merupakan aset bagi pengembangan pariwisata Indonesia terutama untuk meningkatkan kunjungan wisatawan Nusantara antarprovinsi ke seluruh destinasi pariwisata di Kalimantan.

Menyambut liburan sekolah akhir tahun 2013, Direktorat Promosi Pariwisata Dalam Negeri Kemenparekraf menyelenggarakan "Direct Promotion" di Mal Botany Square Bogor, Jawa Barat, pada Rabu (13/11/2013) dan Kamis (14/11/2013).

Dalam keterangan pers di Jakarta, Selasa (12/11/2013), Kasubdit Promosi Wilayah Kalimantan dan Sulawesi Kemenparekraf, Trindiana Tikupasang mengatakan, kegiatan tersebut akan menjual paket-paket wisata di seluruh wilayah Kalimantan bagi masyarakat.

Masyarakat akan mendapat informasi seputar obyek wisata di Kalimantan, sehingga dapat dibuatkan paket perjalanan sesuai dengan keinginan konsumen.

BARRY KUSUMA Festival Erau di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Sabtu (29/6/2013).
Selain itu, pengunjung juga dapat menyaksikan industri kreatif berupa kalung, gelang, dan tas manik-manik Kalimantan.

Trindiana mengharapkan melalui "Direct Promotion Kalimantan" dapat meningkatkan penjualan paket wisata dalam negeri sehingga meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara antarkabupaten, kota, propinsi dan pulau.

"Kegiatan ini juga untuk mempromosikan kepada masyarakat mengenai keindahan alam dan keanekaragaman seni budaya Indonesia," katanya.

Destinasi di Kaltim, antara lain di Kabupaten Berau yaitu Pulau Derawan, sebuah tempat yang sangat indah untuk menikmati alam bawah laut. Ada juga Pulau Kakaban dengan ubur-ubur atau disebut "Jellyfish" yang terkenal dengan ubur-ubur tidak menyengat dan tidak gatal apabila menyentuh kulit.

Di Kalbar yang terkenal dengan Tugu Khatulistiwa dan peristiwa budaya "Cap Go Meh" yang bisa disaksikan pada Februari, karena acara itu bertepatan dengan perayaan Imlek masyarakat Kota Singkawang.

KOMPAS/INDIRA PERMANASARI Pasar terapung Lok Baintan di Sungai Martapura pada pagi hari. Pasar ini dapat ditempuh dengan kelotok dari Banjarmasin dengan lama perjalanan sekitar satu jam. Pasar berlokasi di Kecamatan Sungai Tabuk, Banjar, Kalsel.
Selanjutnya di Kalsel, ada makanan tradisional di pasar terapung yaitu pasar di atas sungai dengan menggunakan jukung atau perahu kecil.

Terakhir, ada aksesoris batu-batu permata yang sangat indah di Martapura, Kalsel, sehingga, pengunjung bisa menikmati Kalimantan bersama keluarga pada liburan akhir tahun 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com