Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramon Digiring ke Desa Sadat untuk Disidang

Kompas.com - 13/11/2013, 17:51 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika bermalam di Taman Nasional Betung Kerihun, Kalimantan Barat, tim 100 Hari Keliling Indonesia Kompas TV ternyata kedatangan "tamu". Tamu yang berkunjung, ujar salah satu anggota tim, Ignatius Dimas Yulianto, tidak datang saat siang melainkan malam hari.

"Malamnya waktu kita nginap di taman nasional kita kedatangan tamu. Dia datang dari pemangku Desa Sadat, desa terdekat dari tempat kita ngecamp," cerita Dimas dalam sambungan telepon, Rabu (13/11/2013).

Keberadaan tim di taman nasional, menurut Dimas, dianggap tidak memperoleh izin dari desa. Akhirnya tim pun digiring ke desa untuk disidang.

"Mereka tahu-tahu datang. Mereka kayak menggerebek kita gitu. Kita dianggap nggak izin masuk taman nasional. Akhirnya kita ke desa Sadat untuk melakukan sidang adat," ungkap Dimas.

Di dalam sidang, kata Dimas, akhirnya diketahui bahwa terjadi miskomunikasi antara pihak taman nasional dengan pemangku desa.

Tim mengakui telah mengantongi izin dari taman nasional. Namun pihak taman nasional tidak mengarahkan mereka untuk meminta izin kepada pemangku desa.

"Padahal kita sudah izin ke taman nasional. Kita nggak tahu kalau di taman nasional ada desa. Akhirnya diputuskan taman nasional yang bersalah, mereka kena denda," terang Dimas.

Setelah menyelesaikan sidang adat di Desa Sadat, tim melanjutkan perjalanan berikutnya menuju Ketapang. Persidangan tim di Desa Sadat akan tayang pada episode ke-10 program "100 Hari Keliling Indonesia" di Kompas TV, Rabu (13/11/2013) jam 20.00.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com