Kompas.com - 14/11/2013, 08:02 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

PENANG, KOMPAS.com — Belum ke Penang kalau belum makan laksa pasar air itam. Letaknya di pertigaan Pasar Air Itam saat menuju kuil Kek Lok Si di kaki bukit Penang, Malaysia. Jangan kaget, saat waktunya makan siang, kedai laksa yang satu ini akan dipenuhi masyarakat lokal dan turis. Apa yang membuat orang rela mengantre di tengah rintik hujan? Tentu demi sensasi rasa asam segar dalam semangkuk laksa.

Laksa pasar air itam adalah laksa yang legendaris. Penjualnya saat ini adalah penjual generasi ketiga. Setiap harinya, laksa pasar air itam mulai buka pukul 11 siang sampai pukul 7 malam. Harganya sangat bersahabat dengan dompet, 4 ringgit Malaysia per mangkok atau sekitar Rp 15.000-Rp 16.000. Transportasi menuju lokasi laksa pasar air itam juga termasuk mudah. Bisa dengan taksi atau bus umum yang tujuannya sama dengan menuju kuil Kek Lok Si di kaki Bukit Penang atau Penang Hill.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Penjual laksa di Pasar Air Itam, Penang, Malaysia.

Kuah laksa diramu dari kaldu udang dan ikan kembung dicampur berbagai bumbu di antaranya adalah tamarind atau asam. Minya adalah mi putih yang terbuat dari tepung beras. Laksa semakin segar saat disajikan dengan potongan bawang merah mentah, daun mint, dan tak ketinggalan potongan cabai.

Saat Kompas.com mencicipinya, hmmm... yummmy, rasanya sangat segar. Asamnya pas dipadu dengan pedasnya. Minya yang lembut tidak membuat perut menjadi enek dan lidah kering. Bawang merah segarnya justru menambah ketajaman rasa kuah asam laksa.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Laksa di pasar air itam, Penang, Malaysia.

Penang adalah salah satu kota tujuan wisata di Malaysia. Selain pantai batu Feringgi dan berbagai bangunan tua, makanan adalah salah daya tarik wisata di kota penang. Selain rasanya yang enak, harga–harganya juga tergolong murah. Biasanya satu menu makanan mulai 3 ringgit Malaysia. Enak di lidah, enak juga di kantong.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.