Kompas.com - 15/11/2013, 07:47 WIB
Jalan Alor, tempat wisata kuliner di Kuala Lumpur, Malaysia. KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMANJalan Alor, tempat wisata kuliner di Kuala Lumpur, Malaysia.
|
EditorI Made Asdhiana

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Makin malam bukannya makin sepi tapi justru semakin ramai. Itulah sekilas suasana di Jalan Alor, Kuala Lumpur, Malaysia. Jalan Alor memang merupakan tempat wisata kuliner, tepatnya di kawasan elit Bukit Bintang, Kuala Lumpur.

Tidak terlalu sulit menemukan Jalan Alor, jalan kaki hanya membutuhkan sekitar 5 menit perjalanan dari stasiun kereta monorel Bukit Bintang, tepatnya ke arah Raja Chulan.

Berbeda dengan kawasan Bukit Bintang lainnya yang dipenuhi pusat perbelanjaan elit dan mahal, Jalan Alor justru surganya penggemar berbagai makanan murah dan kaki lima. Beragam makanan bisa ditemukan di sini, baik makanan ala India, Melayu, dan kebanyakan adalah bercita rasa China.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Jalan Alor, tempat yang tepat menikmati suasana malam di Kuala Lumpur, Malaysia.

Ada makanan, ada juga minumannya, di antaranya beragam teh seperti teh tarik dan teh ‘oolong’ khas Pecinan. Bukan hanya makanan besar saja, berbagai buah–buahan segar dan potong juga banyak dijajakan, termasuk durian.

Harga makanannya termasuk yang bersahabat untuk ukuran kota besar sekaliber Kuala Lumpur. Satu menu makanan bisa didapat dengan harga mulai 5-15 Ringgit Malaysia atau setara dengan sekitar Rp 20.000 sampai Rp 60.000. Minumannya banyak berkisar 2-3 Ringgit Malaysia atau setara dengan sekitar Rp 7.000 hingga Rp 10.000.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Berbagai buah segar dijajakan di Jalan Alor, Kuala Lumpur, Malaysia.

Buah-buahannya yang agak mahal bila dibanding wilayah lain di Malaysia. Semisal mangga, jeruk, dan nanas, per potong sekitar 3 Ringgit Malaysia atau sekitar Rp 10.000. Kalau mau beli per kilo, biasanya harganya sekitar 10 Ringgit Malaysia atau setara dengan Rp 35.000.

Suasananya sangat khas jalanan. Jangan bayangkan makan dan minum dengan kursi dan meja yang eksklusif dan empuk. Para pelanggan duduk dan makan di kursi dan meja plastik sambil menikmati udara dan suasana malam jalan Alor yang hingar bingar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Suasana seperti inilah yang justru menjadi daya tarik tersendiri berwisata kuliner di Jalan Alor. “Suasananya sangat meriah, berasa Asia sekali,” komentar Gulgun Ulusoy, turis asal Turki saat berbincang dengan Kompas.com.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Penjual makanan di Jalan Alor, Kuala Lumpur, Malaysia.

Bila ingin ke Jalan Alor, ada baiknya Anda jalan kaki dari kawasan Bukit Bintang. Bila menggunakan taksi atau mobil harap dicatat, mulai sore jalanan menuju dan sekitar Jalan Alor padat dan macet.

Di sekitar Jalan Alor dan kawasan Bukit Bintang ini, selain pusat perbelanjaan, juga banyak penginapan atau hotel. Mulai hotel bintang 5 sampai kelas backpacker atau murah. Jadi jangan heran, makin malam suasananya juga akan semakin ramai, baik oleh masyarakat lokal juga para turis mancanegara.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.