Kompas.com - 15/11/2013, 11:33 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Merayakan ulang tahun ke 10, situs perjalanan dan pemesanan hotel, Mr & Mrs Smith, memberikan penghargaan The Smith Hotel Awards 2013.

Penghargaan diberikan kepada hotel butik terbaik di seluruh dunia yang meliputi 12 kategori hotel. Lalu, apa itu hotel butik? Hotel butik bukan berarti bangunan hotel bergabung dengan butik atau tempat menjual pakaian.

Hotel butik adalah hotel yang memiliki desain bangunan dan interior unik, berbeda dengan bangunan hotel umum. Maka hotel ini kerap disebut Design Hotel atau Lifestyle Hotel.

Keduabelas kategori tersebut adalah hotel dengan interior terbaik, hotel dengan kamar terseksi, hotel dengan bar terbaik, restoran hotel terbaik, hotel dengan spa terbaik, dan hotel ramah lingkungan.

Selain itu ada juga hotel outdoor terbaik, hotel bujet terbaik, hotel terbaik untuk keluarga, hotel dengan pelayanan teramah, hotel pendatang baru terbaik, serta hotel terbaik versi Smith.

Penilaian hotel terbaik di setiap kategorinya yakni dengan melakukan voting kepada 47.000 pencinta hotel butik di seluruh dunia, serta berdasarkan penilaian oleh panel juri dari tim Smith. Penjurian memilih juara satu, dua dan tiga hotel terbaik.

Di antara 12 kategori tersebut, dua kategori disabet hotel dari Indonesia, tepatnya hotel di Bali. Alila Villas Uluwatu menyandang hotel dengan desain interior terbaik dan Como Shambhala Estate di Ubud sebagai hotel dengan fasilitas spa terbaik.

DOK COMO SHAMBHALA ESTATE Como Shambhala Estate, di Ubud, Bali.
Alila Villas Uluwatu mengalahkan Uxua Casa di Brazil yang menempati posisi dua dan JK Place Capri, Italia di posisi ketiga.

"Hotel butik berada di Bukit Peninsula adalah tempat sejuk dikelilingi tebing. Pembangunan hotel ramah lingkungan dengan banyak menggunakan unsur kayu. Setiap inci adalah elemen luar biasa..."

Begitulah ditulis dalam situs Mr & Mrs Smith menggambarkan keberadaan hotel. Sedangkan Como Shambhala Estate di Ubud, memenangi kategori hotel dengan fasilitas spa terbaik mengalahkan Lime Wood di Inggris dan Pearl Beach Resort di Bora-bora, Perancis.

"Ubud adalah ibu kota dunia kesehatan di Bali. Hotel menjanjikan fasilitas bersantai, menenangkan dan kembali ke alam. Lingkungan hotel dibuat benar-benar merasakan keteduhan negara tropis. Spa ala timur dan barat ditemukan di Ojas, terapi tubuh di Ayurveda, sedangkan pijat penuaan dan penghilang stress bisa dengan mencoba Thai spa..." Begitulah penggambaran hotel tertulis di dalam situs.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.