Kompas.com - 15/11/2013, 13:33 WIB
Warga beraktivitas di depan Gedung Museum Seni Rupa dan Keramik di kawasan wisata kota tua Jakarta, Minggu (27/3/2011). Gedung yang dibangun pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1870 tersebut ditetapkan sebagai cagar budaya pada tahun 1972 dan sekarang dijadikan Museum Seni Rupa dan Keramik.  KOMPAS/IWAN SETIYAWANWarga beraktivitas di depan Gedung Museum Seni Rupa dan Keramik di kawasan wisata kota tua Jakarta, Minggu (27/3/2011). Gedung yang dibangun pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1870 tersebut ditetapkan sebagai cagar budaya pada tahun 1972 dan sekarang dijadikan Museum Seni Rupa dan Keramik.
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Pemkot Jakarta Barat untuk menyelenggarakan kegiatan Kampung Betawi di Kota Tua pada Sabtu-Minggu, 16-17 November 2013.

Kepala Bidang Pengelola Destinasi, Ida Zubaidah, menuturkan, acara ini bukan hanya sebagai ajang promosi, tetapi juga edukasi. Kota Tua akan disulap menjadi Kampung Betawi, di mana nanti dihiasi dengan ornamen-ornamen budaya Betawi, baik dari segi layout sampai kuliner.

Di festival ini juga akan ditampilkan keberagaman etnis, seperti China, budaya Arab, Melayu, dan Indonesia Timur.

Dalam acara ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta menggandeng majalah National Geographic Traveller untuk membuat tulisan perjalanan dalam bentuk booklet di edisi Desember 2013.

Vega, perwakilan Majalah National Graphic Traveller, menuturkan, tulisan perjalanan booklet terdiri dari 52 halaman. "Tulisan tersebut terbagi menjadi empat zona, yaitu zona Sunda Kelapa, zona Fatahillah, zona Pecinan, dan zona Glodok," katanya.

Berbagai komunitas juga turut dilibatkan untuk menyemarakkan acara. Salah satunya Komunitas Pena Jiwa. Komunitas Pena Jiwa melalui Adventure Documentary Festival mengabadikan festival tersebut tidak hanya dalam bentuk foto, melainkan juga film dokumenter, animasi, dan komik. (Tia Aprilla)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.