Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabtu-Minggu, Kampung Betawi Hadir di Kota Tua

Kompas.com - 15/11/2013, 19:46 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar acara kegiatan Kampung Betawi pada Sabtu (16/11/2013) dan Minggu (17/11/2013) di kawasan wisata Kota Tua, Jakarta Barat.

"Kegiatan Kampung Betawi di Kota Tua merupakan salah satu upaya Pemprov DKI untuk mengangkat dan mempromosikan situs Kota Tua sebagai salah satu warisan budaya di ibu kota," kata Kadis Pariwisata dan Kebudayaan DKI, Arie Budhiman di Jakarta, Rabu (13/11/2013) lalu.

Menurut Arie, penyelenggaraan kegiatan tersebut berkolaborasi dengan Pemkot Jakarta Barat yang juga memiliki kegiatan tahunan dengan nama Festival Kota Tua.

"Selain itu, dalam penyelenggaraan pertama ini, Kegiatan Kampung Betawi di Kota Tua juga bersinergi dengan festival kuliner dan kegiatan Peringatan Hari Kesehatan Nasional," ujar Arie.

Dia menuturkan kegiatan tersebut mengangkat budaya dan sejarah terbentuknya masyarakat Betawi yang akulturatif pada zaman dulu, misalnya dari budaya China, budaya Arab atau Persia, budaya Melayu dan Indonesia Timur.

"Suasana Kampung Betawi akan dihadirkan melalui berbagai pagelaran seni budaya Betawi yang edukatif karena menjelaskan bagaimana budaya-budaya ini mempengaruhi keberadaan masyarakat Betawi saat ini," tutur Arie.

"Ada pula festival kuliner yang diadakan oleh Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kota Tua. Selain itu, akan ada juga pameran kreatif dan bazaar yang digelar oleh pihak museum," sambung Arie.

Anggaran yang dikeluarkan untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut sebesar Rp 1 miliar dan ditargetkan dapat menarik hingga 10.000 pengunjung. "Kami berharap acara ini bisa berlangsung menjadi kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun dan Kota Tua menjadi destinasi wisata unggulan di Jakarta," tambah Arie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com