Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nikmatnya Sate Klatak Pak Pong

Kompas.com - 17/11/2013, 07:39 WIB
KOMPAS.com — Sudah beberapa kali saya pergi ke Yogyakarta, tetapi belum pernah nyobain sekali pun sate klatak yang sudah sangat terkenal di daerah Yogyakarta ini. Memang lokasinya lumayan jauh dari pusat kota. Anda harus menempuh kira-kira 25 menit ke Jalan Imogiri.

Daerah ini terkenal dengan pusat penjual sate klatak, banyak penjual sate klatak di sepanjang jalan ini. Malam itu kami bertiga bersama sahabat pergi menuju ke Sate Klatak Pak Pong sekitar pukul 22.00.

Sate klatak sangat khas, potongan daging kambing yang besar-besar dan tusuk satenya dari jeruji besi sepeda. Dan, ternyata rasanya sedikit asin tetapi gurih dan disajikan tanpa sambal kecap. Beda dengan menu sate kambing pada umumnya.

Dalam satu porsi terdiri dari dua tusuk saja karena, selain potongan dagingnya cukup besar, dalam satu tusuk isinya juga lumayan banyak. Hmm... ternyata enak nih sate klataknya, daging empuk, dan terasa sedikit garing. Kita juga diberi satu piring kuah gulai sebagai tambahan. Tetapi, kalau Anda suka sambal kecap, tinggal minta saja.

Akhirnya kesampaian juga saya makan sate klatak di Yogyakarta. Memang sate ini unik dan nikmat. Sangat menyenangkan bisa menikmati salah satu kuliner khas di Kota Gudeg ini. (Frans)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com