Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramon Manjat Pohon di TN Betung Kerihun

Kompas.com - 17/11/2013, 08:03 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK) di Kalimantan Barat memiliki vegetasi pepohonan besar-besar. Hal ini pun tak dilewatkan oleh pemandu acara "100 Hari Keliling Indonesia", Ramon Y Tungka untuk memanjat salah satu pohon yang ada.

Atraksi Ramon memanjat pohon akan dikisahkan dalam tayangan "100 Hari Keliling Indonesia" Kompas TV episode ke-10.

Taman Nasional Betung Kerihun, ujar salah satu anggota "100 Hari Keliling Indonesia", Ignatius Dimas Yulianto, posisinya berada di antara dua gunung, yaitu Gunung Betung dan Gunung Kerihun.

"Kita pergi ke TN Betung Kerihun. Karena di antara gunung, jadi kontur tanahnya berbukit-bukit dengan ratusan aliran sungai," kata Dimas di Jakarta Rabu (13/11/2013).

Ia mengatakan, tim pun menyusuri salah satu aliran sungai yang ada yaitu Sungai Ibaloh dengan menggunakan kapal. "Kita nge-camp di pinggir sungai Ibaloh, di situ Ramon juga climbing," kata Dimas.

Mulanya, menurut Dimas, Ramon tidak bisa memanjat. Namun berkat dilatih oleh anggota lain tim yang juga merangkap sebagai kameraman, Popo Nurahman, Ramon pun berhasil mencapai puncak pohon.

DOK KOMPAS TV Ramon Y Tungka pembawa acara '100 Hari Keliling Indonesia' di Kompas TV memanjat pohon di Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK) di Kalimantan Barat.
"Kameraman kita Popo Nurahman itu pemanjat (climber). Dia tahu teknik-teknik manjat, jadi (Ramon) dilatih. Akhirnya dia bisa dan berhasil sampai paling atas. Kira-kira tinggi pohonnya itu 20 meter," cerita Dimas.

Atraksi Ramon memanjat pohon di TN Betung Kerihun ditayangkan di Kompas TV, Rabu (13/11/2013) pukul 20.00. Namun acara tersebut ditayangkan ulang Minggu (17/11/2013) pukul 14.00. Beberapa kisah lain perjalanan tim mengelilingi Indonesia pernah dimuat di travel.kompas.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com