Kompas.com - 17/11/2013, 08:03 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK) di Kalimantan Barat memiliki vegetasi pepohonan besar-besar. Hal ini pun tak dilewatkan oleh pemandu acara "100 Hari Keliling Indonesia", Ramon Y Tungka untuk memanjat salah satu pohon yang ada.

Atraksi Ramon memanjat pohon akan dikisahkan dalam tayangan "100 Hari Keliling Indonesia" Kompas TV episode ke-10.

Taman Nasional Betung Kerihun, ujar salah satu anggota "100 Hari Keliling Indonesia", Ignatius Dimas Yulianto, posisinya berada di antara dua gunung, yaitu Gunung Betung dan Gunung Kerihun.

"Kita pergi ke TN Betung Kerihun. Karena di antara gunung, jadi kontur tanahnya berbukit-bukit dengan ratusan aliran sungai," kata Dimas di Jakarta Rabu (13/11/2013).

Ia mengatakan, tim pun menyusuri salah satu aliran sungai yang ada yaitu Sungai Ibaloh dengan menggunakan kapal. "Kita nge-camp di pinggir sungai Ibaloh, di situ Ramon juga climbing," kata Dimas.

Mulanya, menurut Dimas, Ramon tidak bisa memanjat. Namun berkat dilatih oleh anggota lain tim yang juga merangkap sebagai kameraman, Popo Nurahman, Ramon pun berhasil mencapai puncak pohon.

DOK KOMPAS TV Ramon Y Tungka pembawa acara '100 Hari Keliling Indonesia' di Kompas TV memanjat pohon di Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK) di Kalimantan Barat.
"Kameraman kita Popo Nurahman itu pemanjat (climber). Dia tahu teknik-teknik manjat, jadi (Ramon) dilatih. Akhirnya dia bisa dan berhasil sampai paling atas. Kira-kira tinggi pohonnya itu 20 meter," cerita Dimas.

Atraksi Ramon memanjat pohon di TN Betung Kerihun ditayangkan di Kompas TV, Rabu (13/11/2013) pukul 20.00. Namun acara tersebut ditayangkan ulang Minggu (17/11/2013) pukul 14.00. Beberapa kisah lain perjalanan tim mengelilingi Indonesia pernah dimuat di travel.kompas.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.