Kompas.com - 19/11/2013, 13:15 WIB
EditorI Made Asdhiana
NUSA DUA, KOMPAS.com - Kabupaten Siak, Provinsi Riau, mempromosikan potensi pariwisata di ajang Nusa Dua Fiesta (NDF), Kabupaten Badung, Bali.

"Sektor pariwisata kami cukup beragam mulai dari wisata kesultanan maupun obyek wisata alam yang eksotik di Pulau Sumatera. Oleh karena itu kami ingin mendapat kunjungan wisatawan mancanegera melalui pameran ini," kata Belly, penjaga anjungan Kabupaten Siak di NDF, Senin (18/11/2013).

Menurut Belly, fasilitas penunjang pariwisata di daerah itu cukup baik, apalagi pernah menjadi tempat pertandingan sejumlah cabang olahraga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012 di Riau.

"Selain obyek wisata yang kami miliki, juga didukung fasilitas olahraga yang memadai. Ada beberapa tempat olahraga dibangun di kabupaten kami," ujarnya.

Belly menjelaskan bahwa obyek yang dipromosikan cukup beragam, antara lain Taman Nasional Zamrud, Danau Naga Saksi, Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Kecil Batu, Kolam Hijau, Taman Kota Tengku Agung, dan Jembatan Sultan Abdul Djalil Rahmadsyah.

"Masing-masing obyek wisata memiliki keunikan tersendiri, semisal Danau Naga Sakti di Kecamatan Sungai Apit. Menurut cerita masyarakat dahulunya setiap tahun sekali timbul makhluk yang mirip naga, sehingga danau itu namanya Danau Naga Sakti," ucapnya.

Potensi lain di Kabupaten Siak adalah kerajinan tangan, makanan olahan, dan kain tenun.

"Kami memiliki beragam wisata dan potensi pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Untuk itu kami terus melakukan promosi setiap kegiatan-kegiatan yang mampu menyedot pengunjung, seperti ajang NDF ini," kata Belly.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.