Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Topan Haiyan Tak Pengaruhi Penerbangan Internasional PAL

Kompas.com - 19/11/2013, 15:11 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sempat diterjang Topan Haiyan pada Jumat (8/11/2013) lalu, namun tidak terlalu berdampak pada lalu lintas penerbangan, terutama penerbangan internasional.

Hal tersebut dipaparkan oleh Guntur, Marketing Communication Philippine Airlines (PAL) di Jakarta yang mengatakan, kejadian topan tidak membuat penerbangan internasional dibatalkan.

"Topan di Filipina tidak terlalu banyak berpengaruh pada penerbangan internasional. Termasuk flight dari Jakarta tidak ada satu pun yang di-cancel," ujar Guntur dalam sambungan telepon, Senin (18/11/2013).

Philippine Airlines memiliki rute internasional dari Asia seperti China, Hongkong, Makau, Korea, Jepang, India termasuk Jakarta. Tidak adanya pembatalan internasional menuju Filipina, ujarnya, karena lokasi terjadinya topan jauh dari bandara utama di Manila, yaitu Ninoy Aquino International Airport (NAIA).

Namun pengaruh topan yang sempat membatalkan penerbangan, terjadi pada penerbangan domestik. "Penerbangan domestik yang di-cancel itu seperti ke Tacloban, Cebu. Tetapi memang hampir semua rute domestik di-cancel saat topan. Tetapi sekarang sudah normal lagi semuanya," jelas Guntur.

Sementara itu, tidak adanya pembatalan penerbangan ke Filipina juga dialami penyedia jasa tiket pesawat online, NusaTrip.

Marketing Executive NusaTrip, Yuvita Amalia Pohan mengatakan, NusaTrip yang melayani penerbangan ke beberapa kota di Filipina seperti Manila, Bacolod, Cagayan de Oro, Cotabato, Davao, Dipolog, Dumaguete, El Nido, dan Iloilo, tidak ada satu pun penerbangan ke sana yang dibatalkan.

"Topan di Filipina tidak terlalu berefek. Karena pembeli di NusaTrip.com itu biasanya adalah orang yang sudah merencanakan jauh-jauh hari. Sejauh ini belum ada cancel tiket ke Filipina," ujar Yuvita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com