Kompas.com - 23/11/2013, 15:34 WIB
Ruwatan Bumi Hajat Buruan, bentuk rasa syukur warga RW 03 Kampung Cikareumbi, Desa Cikidang, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. KOMPAS.COM/PUTRA PRIMA PERDANARuwatan Bumi Hajat Buruan, bentuk rasa syukur warga RW 03 Kampung Cikareumbi, Desa Cikidang, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.
EditorI Made Asdhiana
BANDUNG, KOMPAS.com - Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jabar dan BPPD Bali bersinergi untuk meningkatkan kunjungan wisata khususnya wisatawan mancanegara dengan memanfaatkan penerbangan langsung ke dua daerah wisata itu.

"BPPD Jabar akan menandatangani kesepakatan dengan BPPD Bali dalam upaya meningkatkan kunjungan wisata ke dua daerah. Penandatanganan akan dilakukan 24 November 2013 di Bali," kata Direktur Eksekutif BPPD Jabar, Hilwan Saleh di Bandung, Jumat (22/11/2013).

Rencananya penandatangnanan itu akan dilakukan oleh Ketua BPPD Jabar Cecep Rukmana dan Ketua BPPD Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati.

Hilwan Saleh menyatakan penandatanganan kesepahaman ini merupakan salah satu upaya mempromosikan pengembangan industri pariwisata. Kedua pihak sepakat saling mendukung kegiatan promosi pariwisata dan berpartisipasi dalam kegiatan festival, promosi dan pameran yang diselenggarakan oleh kedua belah pihak.

Selain itu, menurut Hilwan, Jabar dan Bali akan saling mendorong dan menganjurkan kedua tempat sebagai daerah pariwisata untuk mencapai target pasar wisatawan dengan mengimbau dan menyarankan agen-agen perjalanan dari Jabar dan Bali untuk saling mengatur dan mencantumkan kedua tempat tersebut sebagai bagian dari paket perjalanan yang dirancang.

Disebutkan dalam kesepakatan, kedua pihak akan berupaya meningkatkan peran media lokal dan memperkuat komunikasi serta partisipasi informasi pariwisata.

"Kedua pihak harus mengambil keuntungan dari sumber daya media lokal untuk mempromosikan perkembangan terbaru dari sumber daya, produk dan industri pariwisata Bali dan Jabar. Saling mengunjungi atau mengadakan kegiatan promosi pariwisata setidaknya satu kali dalam satu tahun," katanya.

KOMPAS/COKORDA YUDISTIRA Pasar seni di Gianyar, Bali.
Hilwan yang merupakan salah satu tokoh perhotelan Jabar itu menyebutkan, potensi peningkatan kunjungan wisata dengan Bali itu cukup besar.

"Bali selama ini masih menjadi destinasi wisata andalan di Indonesia, dan Jabar memiliki keuntungan karena memiliki penerbangan langsung Denpasar-Bandung dan sebaliknya dengan jadwal penerbangan cukup banyak," kata Hilwan.

Dia menambahkan, kerja sama antar agen perjalanan wisata Jabar dan Bali ditingkatkan, sehingga masing-masing mencantumkan agenda kunjungan wisata yang ditawarkan dalam paket bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.