Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berjumpa Lumba-lumba di Derawan

Kompas.com - 27/11/2013, 13:55 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

KOMPAS.com - Episode ke 12 program "100 Hari Keliling Indonesia" menampilkan keunikan Kepulauan Derawan,  Kalimantan Timur. Salah satu anggota tim 100 Hari Keliling Indonesia, Ignatius Dimas Yulianto mengatakan, di Derawan tim melakukan banyak aktivitas menyelam. Mereka bahkan sempat berjumpa dengan lumba-lumba.

"Tim mengeksplor kepulauan Derawan, mulai dari diving, liat penyu bertelur dan berenang bersama ubur-ubur. Full diving lah, kita eksplor Kepulauan Derawan," ujar Dimas.

Awalnya, tim berangkat dari Bandara Kalimarau, bandara kecil di Kalimantan Timur. Selanjutnya tim yang dipandu Ramon Y Tungka langsung menuju Tanjung Batu untuk menyeberang ke Derawan dengan kapal cepat. "Karena sampai Derawan sudah menjelang sore maka diving sore hanya di sekitaran Derawan, yaitu di sniper point," kata Dimas.

Hari selanjutnya di Derawan, tim melakukan diving di sekitar Pulau Maratua. "Cuaca waktu itu sedikit mendung tapi kita putuskan untuk tetap berangkat, lalu di tengah perjalanan kami bertemu banyak lumba-lumba," kata Dimas.

"Lumba-lumba seolah ingin menyambut Ramon dan tim, lumba-lumba tersebut meloncat-loncat di samping speed boat kita yang sedang berjalan," Dimas menambahkan.

Kisah perjalanan tim "100 Hari Keliling Indonesia" di Kepulauan Derawan dapat disaksikan di Kompas TV pada Rabu (27/11/2013) jam 20.00. Beberapa kisah perjalanan tim lainnya pernah ditayangkan di Kompas.com kanal Travel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com