Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadilah Wisatawan Ramah Lingkungan

Kompas.com - 29/11/2013, 22:12 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

KOMPAS.com - Berwisata adalah bagian dari menikmati alam. Selain sebagai penikmat ada baiknya juga merangkap sebagai penjaga alam. Meski terlihat sepele, sebenarnya banyak hal kecil yang dapat dilakukan wisatawan untuk menjaga kelestarian alam.  Terutama di tempat yang disinggahi selama berwisata.

Menggunakan tempat minum

Botol plastik sebagai wadah minum kemasan, bisa menyebabkan pencemaran. Saat wisata, bawalah tempat minum sehingga bisa diisi ulang. Anda bisa mengisi air dari hotel, restoran atau warung penjual makanan.

Bersepeda

Beberapa tempat tujuan wisata kini telah banyak menyediakan penyewaan sepeda. Daripada menggunakan kendaraan umum atau angkutan, bagaimana jika sesekali menyewa sepeda untuk menuju tempat-tempat yang terhitung dekat. Selain tak mencemari lingkungan, menyewa sepeda pun dapat menekan dana transportasi angkutan dan kendaraan sewaan.

Beli produk lokal

Kapan dan ke mana saja Anda bepergian, tak ada salahnya untuk berbelanja produk lokal. Dengan demikian, Anda bisa membantu para pengusaha dalam negeri. Lagi pula pemerintah kini kian menggalakkan penggunaan produk-produk lokal. Jadi pastilah kualitas barang lokal pun semakin meningkat.

Sampah

Masalah utama orang berwisata adalah sampah. Ungkapan "buang sampah pada tempatnya" mungkin menjadi moto yang harus diboyong oleh pejalan kapan pun. Jika tidak menemukan tempat sampah, simpan dulu saja sampah yang Anda bawa. Lebih baik lagi jika sebelumnya, Anda telah mempersiapkan kantung sampah sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com