Kompas.com - 29/11/2013, 22:12 WIB
Pendaki membawa kantung sampah melalui jalur jembatan saat pendakian Gunung Gede, Bogor, Jawa Barat KOMPAS.com / FITRI PRAWITASARIPendaki membawa kantung sampah melalui jalur jembatan saat pendakian Gunung Gede, Bogor, Jawa Barat
|
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Berwisata adalah bagian dari menikmati alam. Selain sebagai penikmat ada baiknya juga merangkap sebagai penjaga alam. Meski terlihat sepele, sebenarnya banyak hal kecil yang dapat dilakukan wisatawan untuk menjaga kelestarian alam.  Terutama di tempat yang disinggahi selama berwisata.

Menggunakan tempat minum

Botol plastik sebagai wadah minum kemasan, bisa menyebabkan pencemaran. Saat wisata, bawalah tempat minum sehingga bisa diisi ulang. Anda bisa mengisi air dari hotel, restoran atau warung penjual makanan.

Bersepeda

Beberapa tempat tujuan wisata kini telah banyak menyediakan penyewaan sepeda. Daripada menggunakan kendaraan umum atau angkutan, bagaimana jika sesekali menyewa sepeda untuk menuju tempat-tempat yang terhitung dekat. Selain tak mencemari lingkungan, menyewa sepeda pun dapat menekan dana transportasi angkutan dan kendaraan sewaan.

Beli produk lokal

Kapan dan ke mana saja Anda bepergian, tak ada salahnya untuk berbelanja produk lokal. Dengan demikian, Anda bisa membantu para pengusaha dalam negeri. Lagi pula pemerintah kini kian menggalakkan penggunaan produk-produk lokal. Jadi pastilah kualitas barang lokal pun semakin meningkat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sampah

Masalah utama orang berwisata adalah sampah. Ungkapan "buang sampah pada tempatnya" mungkin menjadi moto yang harus diboyong oleh pejalan kapan pun. Jika tidak menemukan tempat sampah, simpan dulu saja sampah yang Anda bawa. Lebih baik lagi jika sebelumnya, Anda telah mempersiapkan kantung sampah sendiri.



25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X